Metode SERVICE QUALITY untuk Mengukur Kualitas Layanan Administrasi Program Studi di Politeknik Negeri Jember

Ratih Ayuninghemi, Mudzakir Mudzakir, Agung Muliawan, M Faiz Elansyah, Zarkasyi Matiin, Agus Barizi, Putri Kusuma Wardhani, Nurinda Febriani

Abstrak


Politeknik Negeri Jember yang memiliki 8 jurusan dengan 19 program studi di dalamnya belum mengetahui apakah pelayanan yang diberikan sudah memuaskan atau tidak. Makalah ini menggunakan metode Service Quality. Terdapat tiga aktor dalam pengukuran ini yaitu dosen,teknisi dan admin. Langkah selanjutnya menentukan variabel sesuai dengan parameter yang digunakan yaitu tangible, reliability, responsibility, emphaty dan assurance. Untuk akurasi data dilakukan uji validitas dan realibilitas yang berasal dari kuesioner yang dibagikan pertama kali kepada responden untuk data presampling, selanjutnya dilakukan pembagian kuesioner untuk sampling kepada responden. Hasil dari pengukuran kualitas jasa ini diketahui variabel realibility memiliki selisih nilai paling tinggi yaitu -1,25 yang menunjukan ketidakpuasan mahasiswa terhadap kesiapan aktor untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan sehingga harus ditingkatkan dengan cara mengadakan pelatihan untuk menunjang kehandalan dalam meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada mahasiswa

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.