Penyerahan Naskah

Perlu Login atau Daftar untuk menyerahkan naskah.

Daftar Tilik Penyerahan Naskah

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.
  • Penyerahan belum diterbitkan sebelumnya, atau sedang dalam pertimbangan jurnal lain (atau sebuah penjelasan belum disediakan dalam komentar kepada editor).
  • File naskah dalam format file dokumen Microsoft Word.
  • Ketika tersedia, URLs untuk referensi telah disediakan.
  • Teks 1 spasi; font 12; italic; tidak digaribawahi (kecuali alamat URL); dan semua ilustrasi, figur, dan tabel yang ditempatkan di dalam teks pada poin yang tepat, jangan di akhir.
  • Teks yang mematuhi persyaratan mengenai perpustakaan dan gaya bahasa digambarkan secara garis besar di Petunjuk Penulis, yang akan ditemukan dalam halaman Tentang Kami.
  • Jika penerimaan untuk bagian peer-review dari jurnal, instruksinya terdapat di Memastikan Reviewer Anonim telah diikuti.

Panduan Penulis

  1. Redaksi menerima artikel dengan bidang kajian akuntansi dan bisnis dengan cakupan dan fokus bidang pada:
    1. Akuntansi Keuangan (pasar modal, pajak, auditing)
    2. Akuntansi Sektor Publik
    3. Akuntansi Manajemen (akuntansi biaya, sistem informasi akuntansi)
    4. Manajemen Keuangan
    5. Manajemen Pemasaran
  2. Artikel belum pernah dipublikasikan dan tidak sedang dalam reviu oleh jurnal/media lain,
  3. Artikel ditulis dalam Bahasa Indonesia
  4. Sistematika penulisan artikel:
    1. Judul berbahasa Indonesia tidak lebih dari 15 kata. Semua kata diawali dengan huruf besar, diketik tebal, rata tengah dengan ukuran font 14 Lucida Bright.
    2. Nama penulis ditulis tanpa gelar dan diketik tebal, afiliasi penulis dan korespondensi email penulis pertama dengan ukuran font 12 Lucida Bright
    3. Abstrak dan kata kunci ditulis dalam dua Bahasa (Bahasa Indonesia dan Inggris). Masing-masing abstrak tidak lebih dari 150 kata, satu paragraph, spasi satu dengan menggunakan huruf miring. Kata kunci terdiri atas 3-6 kata.
    4.  Pendahuluan berisi latar belakang yang menunjukkan state of the art, novelty/kebaruan, dan pokok-pokok permasalahan kajian/penelitian.
    5. Metode penelitian berisi rancangan penelitian, ruang lingkup atau objek (populasi dan sampel), teknik pengumpulan data, definisi operasional penelitian, dan teknik analisis.
    6. Hasil dan pembahasan berisi analisis menggunakan metode yang digunakan di metode penelitian. Analisis dapat dilengkapi dengan tabel, grafik (gambar), dan/atau bagan.
    7. Simpulan berisi rangkuman singkat atas hasil penelitian dan pembahasan yang menjawab tujuan penelitian
    8. Keterbatasan memaparkan hal-hal yang sebenarnya tercakup di dalam lingkup penelitian, akan tetapi karena kesulitan metodologis atau prosedural tertentu, tidak dapat dicakup di dalam penelitian dan di luar kendali dari peneliti
    9. Saran berisi rekomendasi yang dirumuskan oleh peneliti berdasarkan keterbatasan penelitian yang dapat bermanfaat secara praktis maupun teoritis bagi penelitian selanjutnya.
    10. Penulisan referensi dan kutipan (sitasi) yang diacu dalam naskah disarankan menggunakan aplikasi referensi (reference manager) seperti Mendeley, Zotero, EndNote, dan lain-lain.
    11. Daftar rujukan hanya memuat sumber-sumber dirujuk, dan semua sumber yang dirujuk harus dicantumkan dalam Daftar Rujukan. Daftar rujukan minimal 50% berupa pustaka primer (jurnal ilmiah) terbitan 10 tahun terakhir.
  5. Teknik Penulisan
    1. Artikel wajib menggunakan Bahasa Indonesia yang sesuai dengan Panduan Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI)
    2. Artikel diketik dengan Ms Word, satu setengah spasi, font 12, huruf Lucida Bright dengan panjang halaman antara 10-20 halaman.
    3. Alinea baru dimulai pada ketikan keenam pada batas tepi kiri. Antar alinea tidak diberi tambahan spasi.
    4. Semua kata asing dan pengistilahan khusus dicetak dengan huruf miring.
    5. Batas pengetikan: sisi kiri 3 (tiga) centimeter, sisi atas 3 (tiga) centimeter, sisi kanan 3 (tiga) centimeter, dan sisi bawah 3 (tiga) centimeter
    6. Tidak boleh ada lampiran artikel. Seluruh tabel, gambar, ataupun transkrip percakapan dimasukkan dalam badan artikel (Pendahuluan, Metode, Hasil dan Pembahasan).
    7. Tabel dan gambar harus diberi judul, nomor, dan sumber yang jelas. Judul tabel diketik rata kiri, diletakkan di atas tabel. Judul gambar diketik rata tengah dan diletakkan diatas gambar. Judul tabel atau gambar dicetak tebal (bold). Sumber diletakkan dibawah gambar atau table dan diketik dari margin kiri.
    8. Pengutipan sumber acuan dalam artikel (in body text) dan pada Daftar Rujukan menggunakan standar American Psychological Association (APA).

 

Referensi

Dalam Artikel

Dalam Daftar Rujukan

Artikel

Kutipan dalam kurung: (Ahmad et al, 2016)

 

Kutipan naratif:

Ahmad et al (2016)

Ahmad, A., Djamhuri, A., & Kamayanti, A. (2017). ICU Auditors Understanding Of Achieving Good University Governance. The Indonesian Accounting Review 6(2),227-238. http://dx.doi.org/10.14414/tiar.v6i2.605

Buku

Kutipan dalam kurung: (Moleong, 2012)

 

Kutipan naratif:

Moleong (2012)

Moleong, L.J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

 

Skripsi/Thesis/ Disertasi

Kutipan dalam kurung: (Ahmad et al, 2015)

 

Kutipan naratif:

Ahmad et al (2015)

Ahmad, A. (2015). Pemahaman Auditor Satuan Pengawasan Internal (SPI) dalam Mewujudkan Good University Governance (GUG) (Tesis Tidak Terpublikasi). Universitas Brawijaya

Laporan Tahunan

Kutipan dalam kurung: (Bank Rakyat Indonesia,  2019)

 

Kutipan naratif:

Bank Rakyat Indonesia (2019)

PT Bank Rakyat Indonesia. (2019). Laporan Tahunan 2019. https://bri.co.id/documents/20123/56786/Annual%20Report%20Bank%20Rakyat%20Indonesia%202019%20OK.pdf

 

Laman Internet

Kutipan dalam kurung: (Wahyuni,  2020)

 

Kutipan naratif:

Wahyuni (2020)

Wahyuni, E. T. W. (2020, Agustus 28). SAK Internasional : Alasan, Manfaat dan Tantangannya. Etw Accountant. https://etw-accountant.com/sak-internasional-alasan-manfaat-dan-tantangannya/

  1. Setiap tulisan yang diterima redaksi akan ditelaah oleh minimal dua orang reviewer sesuai dengan bidang keahliannya secara blind review.
  2. Apabila diperlukan, redaksi akan mengubah dana tau memperbaiki ejaan, tulisan, tata tulis, dan tata Bahasa artikel yang dimuat tanpa mengubah substansi tulisan.
  3. Artikel harus di submit melalui https://publikasi.polije.ac.id/index.php/asersi dengan mengikuti proses yang diinstruktikan untuk memastikan blind review.
  4. Tim redaksi akan melakukan uji plagiasi dengan menggunakan aplikasi referensi (turnitin/plagiarismcheck). Batas maksimal plagiasi adalah 25%. Penulis akan diminta merevisi kembali artikel apabila artikel belum memenuhi batas plagiasi maksimal.
  5. Jurnal Akuntansi Terapan dan Bisnis terbit 2 kali 1 tahun yaitu pada bulan Desember dan Juni.

Download Author Guidelines

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.