Pembuatan Game Ular Tangga Jajanan Anak sebagai Media Edukasi Gizi dalam Memilih Jajanan Sehat untuk Anak Sekolah

Authors

  • Novia Rahmawati Politeknik Negeri Jember
  • Agatha Widiyawati Politeknik Negeri Jember

Abstract

Anak usia sekolah merupakan anak pada usia 6 – 12 tahun yang belum bisa memprediksi tingkat bahaya, termasuk tingkat bahaya suatu makanan, sehingga menyebabkan anak usia sekolah sering mengalami berbagai macam ancaman penyakit yang disebabkan oleh kurangnya keamanan makanan. Pemberian edukasi gizi dapat mengoptimalkan penyampaian pesan terhadap siswa untuk mengatasi permasalahan yang terjadi. Salah satu jenis media edukasi yang efektif untuk anak sekolah dasar yaitu game ular tangga. Tujuan penelitian ini  untuk melakukan pembuatan game ular tangga jajanan anak sebagai media edukasi gizi dalam memilih jajanan sehat untuk anak sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Subjek dalam penelitian ini berjumlah 34 siswa. Proses pengumpulan data menggunakan data primer dilakukan wawancara dan pemberian angket, sedangkan data sekunder hasil studi pendahuluan. Hasil penelitian menunjukkan pada validasi materi mendapatkan skor nilai 100% (sangat baik), validasi materi 100% (sangat baik), dan hasil uji coba pada siswa 89% (sangat layak). Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu media edukasi game ular tangga jajanan anak yang telah dibuat dan melalui semua proses sehingga layak dijadikan bahan edukasi gizi kepada siswa.

References

Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). 2009. Pangan Jajanan Anak Sekolah. Food Watch Sistem Keamanan Pangan Terpadu, halaman 1.

------------, 2011. Pentingnya Promosi Keamanan Pangan di Sekolah untuk Menyelamatkan Generasi Penerus. Info POM, halaman 2.

Chabib, M., Djatmika, E.T. and Kuswandi, D., 2017. Efektivitas Pengembangan Media Permainan Ular Tangga sebagai Sarana Belajar Tematik SD. Jurnal Pendidikan, Volume 2, No 7, Hal 910-918

Hikmah, V.N. and Purnamasari, I., 2017. Pengembangan Video Animasi “Bang Dasi†Berbasis Aplikasi Camtasia Pada Materi Bangun datar Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar, Volume 4, No 2, Hal 182-191.

Infodatin. 2014. Situasi Pangan Jajan Anak Sekolah. Jakarta: Kementrian RI.

Maisyarah, Elke, Firman Firman. 2019. Media Permainan Ular Tangga, Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, Volume 4, No 1, Hal 32-38.

Nafiah N., Ratnaningsih. 2014. Penggunaan Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Kelas III A SDN Nogopuro, Sleman. Sripsi tidak Diterbitkan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Nurseto, Tejo. 2011. Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Volume 8, No 1, Hal 19-35.

Pibriyanti, K. and Hidayati, K.N. 2018 Anak perempuan dan obesitas sebagai faktor risiko kejadian kadar gula darah tinggi pada anak sekolah dasar. Jurnal Gizi Indonesia (The Indonesian Journal of Nutrition), Volume 6, No 2, Hal 90-93.

Siburian. 2012. Pengetahuan anak sekolah dasar terhadap pencegahan penyakit diare di SD 098167 RSS Perumnas Kerasaan Kec. Pematang Badar Kab. Simalungun. Penelitian (Skripsi, Program Studi Sarjana Kepera-watan). Universitas Sumatera Utara, Medan.

Sudjana, Nana dan Ahmad, R. 2013. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono, P.D., 2013. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta, CV.

------------, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tegeh, I, M. Nyoman, J. Ketut, P. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Published

18-12-2019