Pengembangan Buku Resep MP-ASI Sebagai Media Edukasi Gizi Terkait PMT Pemulihan Balita Gizi Kurang Untuk Kader Posyandu

Penulis

  • Yasinta Prima Arini Politeknik Negeri Jember
  • Ayu Febriyatna Politeknik Negeri Jember

Abstrak

Gizi kurang adalah gangguan kesehatan akibat kekurangan atau ketidakseimbangan zat gizi yang diperlukan untuk pertumbuhan, aktivitas berfikir dan semua hal yang berhubungan dengan kehidupan. Kejadian gizi kurang yang ada di kabupaten Jember masih menunjukkan prevalensi yang cukup besar,salah satu kecamatan yang masih cukup banyak terdapat balita gizi kurang adalah kecamatan Sukowono terdapat 70 balita yang berat badannya masih di Bawah Garis Merah (BGM). Kurangnya pengetahuan dan media edukasi dalam penyampaian menjadi salah satu penyebab terjadinya gizi. Tujuan penelitian ini adalah membuat buku resep MP-ASI sebagai media edukasi kader terkait PMT pemulihan pada balita gizi kurang. Model penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Data kualitatif berupa saran dari validator yang digunakan sebagai saran perbaikan produk yang dibuat. Sedangkan data kuantitatif yaitu data penilaian produk dari validator dan subjek serta skor pengetahuan subjek. Hasil validasi dari ahli materi yaitu sebesar 84% “sangat layakâ€, dan dari ahli media sebesar 91% “sangat layakâ€. Uji keefektifan yaitu menggunakan analisis data software SPSS 16.0 dan diperoleh hasil sebesar p = 0,003, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengetahuan kader sebelum dan sesudah menggunakan media edukasi buku resep MP-ASI yang telah diberikan oleh peneliti. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa buku resep MP-ASI layak digunakan sebagai media edukasi kader yang menangani program gizi PMT pemulihan.

Referensi

. Ameliola, S, Nugraha. 2013. Perkembangan Media Informasi dan Teknologi Terhadap Anak dalam Era Globalisasi. Malang : Universitas Brawijaya.http://icssis.files.wordpress.com/2013/09/2013-0229.pdf.

. Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press

. Hamidah dan Komaria. 2018. Resep dan Menu. Yogyakarta. Penerbit Deepublish (Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA).

. Kesehatan, D. 2010. Laporan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2010 Bidang Biomedis. Jakarta: Badan Litbangkes, Depkes RI, 10(4), 5.Berat Bayi Lahir Rendah (BBLR).

. Mufida. 2017. “Pengembangan Media Buku Saku Materi Cerpen (Busa Rice) dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerpen Berbasis Psychowriting Kelas XI SMAN 1 Sidayu, Gresikâ€. Jurnal. Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya.

. Notoadmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

. Nugroho, Adi. "Perancangan dan Implementasi Sistem Basis Data." Yogyakarta: Andi (2011).

. Rais , Sasli, dan Wahkyudin. 2009. Pengembangan Pegadaian Syariah di Indonesia dengan analisis SWOT . Jurnal Pengembangan Bisnis dan Manajemen STIE PBM, vol.IX no. 14 April 2009.

. Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variabel – Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta

. Sudjana, N., & Rivai, A. 2010. Media pengajaran.

. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

. ________. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

. ________. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

. ________. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

. Tegeh, dkk. 2014. Pengembangan Bahan Ajar IPS Berorientasi IPS Terpadu Untuk Siswa SMP Kelas VII. Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 4. Portalgaruda.org

##submission.downloads##

Diterbitkan

18-12-2019