Analisis Kepuasan Pelayanan berdasarkan Lamanya Waktu Tunggu Pelayanan Resep di Puskesmas Wilayah Kota Tegal (Berdasarkan Permenkes No. 74 Tahun 2016)

Penulis

  • Sari Prabandari Politeknik Harapan Bersama
  • Adilla Prabasiwi Politeknik Harapan Bersama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kepuasan layanan pasien berdasarkan waktu tunggu obat resep dan obat racikan, menurut Permenkes No. 74 tahun 2016 tentang Standar Layanan Farmasi di Puskesmas. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilakukan selama 5 bulan, Mei 2019 - September 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah semua resep di Pusat Kesehatan Kota Tegal. Sampel berasal dari puskesmas kecamatan terpilih yang mewakili masing-masing kecamatan. Sampel terdiri dari 100 resep acak yang terdiri dari obat resep dan jamu. Selanjutnya, wawancara dilakukan dengan pasien mengenai kepuasan layanan sambil menunggu obat dengan empat dimensi, yaitu kusut, daya tanggap, jaminan, dan empati. Sumber data penelitian utama dan alat dalam penelitian ini adalah dalam bentuk lembar observasi waktu tunggu untuk resep dan pedoman untuk wawancara mendalam dengan pasien. Berdasarkan hasil penelitian, hasil penelitian yang dilakukan terkait dengan kepuasan layanan pasien berdasarkan waktu tunggu untuk layanan resep, yaitu bahwa pasien yang telah diwawancarai adalah 100 pasien dari empat dimensi kepuasan (tangibels, responsivenes, assurance, dan emphaty) waktu tunggu, pasien merasa puas dengan layanan obat, dengan waktu tunggu rata-rata untuk resep layanan di Pusat Kesehatan Kota Tegal, yaitu 6,42 menit atau ≤ 15 menit untuk obat non ramuan, dan 11,68 menit ≤ 30 menit untuk obat ramuan

Referensi

. Anggraeni, Ratih. 2018, Mutu Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Kecamatan Medan Denai Kota Medan. Jurnal Ilmiah Keperawatan IMELDA. 4 (1): pp. 415-420

. Arlym, L. 2010. Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Ketergantungan Obat Jakarta Tahun 2010. Depok. Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia.

. Bungin, B. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

. Dahlan, M. Sopiyudin. 2010. Besar Sampel dan Cara Pengambilan Sampel dalam Penelitian Kedokteran dan Kesehatan. Salemba Medika.

. Danyel Suryana. 2018. Upaya Menurunkan Waktu Tunggu Obat Pasien Rawat Jalan dengan Analisis Lean Hospital di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RS Atma Jaya. Jurnal ARSI Universitas Indonesia. 4 (2). Tersedia di: http://jounal.fkm.ui.ac.id/arsi/article/download/2553/780

. Departemen Kesehatan RI (Depkes RI). 2006. Pedoman Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas. Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan.

. Hartono, B. 2010. Manajemen Pemasaran untuk Rumah Sakit. Jakarta: Rineka Cipta.

. Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes RI). 2016. Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) RI Nomor 74 tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas. Jakarta: Kemenkes RI

. Kusumarini P, Dwiprahasto I, Wardani PE. Penerimaan Dokter dan Waktu Tunggu Pada Peresepan Elektronik dibandingkan Peresepan Manual. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan. 14 (3): 133 – 138.

. Megawati, Lukman Hakim dan Dolly Irbantoro. Penurunan Waktu Tunggu Pelayanan Obat Rawat Jalan Instalasi Farmasi Rumah Sakit Baptis Batu. Jurnal Kedokteran Brawijaya. 28 (2): pp. 163-168.

. Nur Laeliyah, Heri Subekti. 2017. Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan dengan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan di Rawat Jalan RSUD Kabupaten Indramayu. Jurnal Jkes. 1 (2): pp. 2541-0644. Tersedia di: http://journal.ugm.ac.id/jkesvo

. Nurjanah I, Maramis FRR, Engkeng S. Hubungan Antara Waktu Tunggu Pelayanan Resep dengan Kepuasan Pasien di Apotek Pelengkap Kimia Farma Blu PROF. DR. R.D. Kandou Manado. Pharmacon Jurnal Ilmiah Farmasi. 5(1): pp.362-370

. Nurma K Purwandari, dkk. 2017. Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pasien Rawat di Depo Farmasi Gedung MCEB RS Islam Sultan Agung Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat. 5(1): pp. 103-110.

. Purwanto, et al. 2015. Faktor Penyebab Waktu Tunggu Lama di Pelayanan Instalasi Farmasi Rawat Jalan RSUD Blambangan. Jurnal Kedokteran Brawijaya. 28(2): pp. 159-163.

. Siregar, Sri Endang. 2018. Waktu Tunggu Pelayanan Resep Rawat Jalan Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara. Skripsi. Medan: Fakultas Farmasi Universitas Sumatera Utara

. Sujoko, Aris dan Chalidyanto. 2015, Djazuly. Analisis Antrian Pelayanan Obat Non Racikan Di Instalasi Farmasi Rawat Jalan. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia. 3 (2): pp. 99-107.

. Suripto. 2013. Gambaran Pengetahuan, Masa Kerja Petugas dan Waktu Tunggu Pasien Rawat Jalan Di Instalasi Farmasi RSUD Surakarta Tahun 2013.

. Toh, L. Shuet. 2011. Patient Waiting Time As a Key Performance Indicator at Orthodontic Specialist Clinics In Selangor. Malaysian Journal of Public Health Medicine.

. Umar I., Oceh M.O., and Umar A.S., 2011. Patient Waiting Time in a Tertiary Health Institution in Northern Nigeria. Journal of Public Health and Epidemiology

##submission.downloads##

Diterbitkan

28-11-2019