VISIT WONOSALAM : PENGUATAN POTENSI WISATA DESA MELALUI STRATEGI MARKETING BERBASIS SYARIAH

Rachma Indrarini, Ahmad Ajib Ridlwan, Tony Seno Aji, Clarashinta Canggih

Abstrak


Pengabdian Kepada Masyarakat ini berbasis pada kebutuhan dan keinginan warga desa sumberejo dan pangklungan wonosalam Jombang untuk mengembangkan potensi wisata di daerah mereka. Desa sumberejo dan Desa Pangklungan merupakan salah satu desa yang berada di wilayah Wonosalam Jombang dengan potensi wisata yang melimpah. Salah satu wisata di kawasan tersebut adalah goa sriti di desa sumberejo dan eco park di desa panglungan. Kawasan wisata tersebut, merupakan wisata yang baru yang pengelolaannya masih sederhana termasuk didalamnya adalah strategi pemasarannya. Sehingga PKM ini lebih difungsikan untuk menggajarkan kepada masyarakat terkait strategi pemasaran. Jombang merupakan kota santri, sebagian besar penduduknya adalah umat muslim sehingga potensi halal tourism atau wisata syariah memiliki peluang yang besar. Pada PKM ini strategi pemasaran yang akan di gunakan merupakan pemasaran berbasis syariah. Solusi yang ditawarkan adalah pendampingan pembuatan sistem informasi pemasaran untuk desa wisata tersebut. Program ini akan memberikan mempermudah desa dalam memasarkan pariwisatanya. Penerapan pemasaran yang dgunakan adalah pemasaran brbasis media sosial, strategi branding dan pemasaran syariah diharapkan dapat mengembangkan wisata di Wonosalam Jombang.

Kata Kunci : Pemasaran Syariah, Wonosalam

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Rustan, S., 2009. Mendesain Logo, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Tinarbuko, S., 2009. Iklan Politik dalam Realitas Media, Yogyakarta: Jalasutra.

Wasesa, S.A., 2011. Political Branding & Public Relations: Saatnya Kampanye Sehat, Hemat, dan Bermatabat, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


J-DINAMIKA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat terbit pertama kali bulan Juni 2016, dan diterbitkan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Redaksi J-DINAMIKA mengundang para penulis untuk mengirimkan jurnal hasil pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilaksanakan. Pendapat yang dimuat pada jurnal ini sepenuhnya merupakan pendapat penulis artikel atau tidak mencerminkan pendapat redaksi.