PERANAN PUSAT PRODUKSI MELON HIDROPONIK BAGI POLITEKNIK NEGERI LAMPUNG

Rizka Novi Sesanti, Sismanto Sismanto, Hilman Hidayat

Abstrak


Pusat Produksi Melon Hidroponik di Politeknik Negeri Lampung dikembangkan melalui kegiatan Iptek bagi Kreativitas dan Inovasi Kampus (IbKIK), sebagai wahana dosen, teknisi, dan mahasiswa untuk mengimplementasikan ilmu dan keahliannya dalam  rangka mendapatkan umpan balik dari masyarakat terutama dalam hal kewirausahaan, juga membantu pemenuhan kebutuhan buah melon dengan kualitas baik. Pusat Produksi Melon Hidroponik dilaksanakan selama tiga tahun.  Tahun pertama target yang dicapai adalah pendirian Pusat Produksi Melon Hidroponik, peningkatan kapasitas dan produksi melalui pengembangan greenhouse, pemasaran, dan pelibatan mahasiswa melalui kegiatan praktikum dan proyek usaha mandiri (PUM) berbasis produksi melon. Pusat produksi melon hidroponik berperan sebagai tempat kegiatan produksi melon hidroponik, praktikum mahasiswa berbasis produksi, penelitian dosen dan mahasiswa, lokasi praktik kerja lapangan (PKL) siswa SMK Pertanian, kunjungan edukasi, dan pelatihan hidroponik. Keberadaan pusat produksi melon hidroponik dapat membantu dalam pengembangan teknologi hidroponik, membantu kegiatan akademik dosen dan mahasiswa, dan turut serta mengenalkan Politeknik Negeri Lampung ke masyarakat luas.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ardiansah. 2012. Analisis Kesiapan Sumber Daya Program Studi Dalam Pengelolaam Pola Pembelajaran Berbasis Produksi (Production based Education) Studi Pada Program Studi D3 Akuntansi Politeknik Negeri Semarang (POLINES). Jurnal Informasi Perpajakan, Akuntansi Dan Keuangan Publik, Vol 7(1), 07–09.

Hartini, E., & Aswafi, S. 2013. Kontaminasi Residu Pestisida Dalam Buah Melon di Kabupaten Grobogan. Laporan Akhir Penelitian Dosen Pemula. Universitas Dian Nuswantoro. Semarang.

Hidayat, H., Herawati, S., Hidayati, A., & Syahmaidi, E. 2018. Pembelajaran kewirausahaan dengan pendekatan berbasis produksi sebagai alternatif mempersiapkan lulusan berkualitas di pendidikan tinggi. In Seminar Nasional Pakar ke 1 (123–129). Lembaga Penelitian Universitas Trisakti. Jakarta

Kementerian Pertanian. 2016. Laporan Kinerja Direktorat Jenderal Hortikultura Tahun Anggaran 2015. Laporan Kinerja. Kementerian Pertanian. Jakarta.

Krestiani, V. (2009). Kajian Pemulsaan dan Letak Duduk Buah terhadap Hasil Melon ( Cucumis sativus L . ). Jurnal Sains dan Teknologi, Vol 2 (1), 1–7.

Mayasari, I. (2018). Efektifitas Metil Eugenol terhadap Penangkapan Lalat Buah (Diptera: Tephritidate) pada Pertanaman Cabai (Capsicum Annuum L.) di Kabupaten Tanggamus. Skripsi. Universitas Lampung, Bandar Lampung.

Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 Tentang Sisitem Pendidikan Nasional

Wahyu, D., & Ranto, P. (2012). Peranan Kampus Dalam Membangun Kemandirian. Jurnal Bisnis Manajemen Dan Akuntansi, Vol I (1), 65–73.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


J-DINAMIKA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat terbit pertama kali bulan Juni 2016, dan diterbitkan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Redaksi J-DINAMIKA mengundang para penulis untuk mengirimkan jurnal hasil pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilaksanakan. Pendapat yang dimuat pada jurnal ini sepenuhnya merupakan pendapat penulis artikel atau tidak mencerminkan pendapat redaksi.