PELATIHAN TATA KELOLA KEUANGAN PADA GABUNGAN KELOMPOK TANI “MAJU MAPAN” DI KABUPATEN JEMBER

Sumadi Sumadi, Rediyanto Putra, Oryza Ardhiarisca

Abstrak


Tulisan ini bertujuan untuk melakukan penjelasan mengenai pelaksanaan dan hasil program pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan di gabungan kelompok tani Maju Mapan Jember. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memberikan edukasi sekaligus pelatihan tata kelola keuangan berdasarkan pada ilmu akuntansi. Harapan dilaksanakannya program pengabdian ini adalah para anggota dari gabungan kelompok tani Maju Mapan dapat melakukan tata kelola keuangan dengan baik dan benar, sehingga dapat meningkatkan akuntabilitas pelaporan keuangan yang ada di gabungan kelompok tani tersebut. Program pengabdian ini dibagi menjadi dua tahap yaitu yang pertama adalah tahap pengenalan dan kedua adalah tahap praktik atau pelatihan. Tahap pengenalan merupakan tahap yang melakukan pengenalan diri kepada gabungan kelompok tani Maju Mapan dan pemberian motivasi terkait pentingnya tata kelola keuangan berbasis akuntansi. Tahap kedua merupakan tahap praktik atau pelatihan yang melakukan pelaksanaan pelatihan secara nyata terkait praktik akuntansi yang akan digunakan untuk mengelola keuangan dari gabungan kelompok tani Maju Mapan. Pelaksanaan pengabdian ini diikuti oleh 30 orang peserta yang terdiri dari perwakilan dari masing-masing Unit Pengelohan Hasil (UPH) dan ketua dari gabungan kelompok tani Maju Mapan. Pelaksanaan pengabdian ini menghasilkan pemhaman baru bagi gabungan kelompok tani Maju Mapan terkait pentingnya praktik akuntansi untuk tata kelola keuangan. Selain itu, program pengabdian ini juga menghasilkan buku pencatatan keuangan sederhana yang dapat digunakan oleh anggota gabungan kelompok tani sebagai media untuk melakukan praktik akuntansi dalam kegiatan sehari-hari.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Warsono, S. 2010. Akuntansi ternyata Logis dan Mudah. Yogyakarta: Asgard Chapter

Prayitno. 2016. Pengaruh Lahan, Sumber Daya Manusia dan Teknik Budidaya terhadap Produksi Kopi. Tesis. Jember: Politeknik Negeri Jember.

Sulistyo, P. 2018. Laporan Magang Kerja Pemberdayaan (MKP) “Pembuatan Website sebagai Media Promosi Pengenalan Produk ke Masyarakat di Gapoktan Maju Mapan Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Jember: Politeknik Neheri Jember.

Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). 2017. Standar Akuntansi Keuangan revisi 2017. Jakarta: Salemba Empat


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


J-DINAMIKA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat terbit pertama kali bulan Juni 2016, dan diterbitkan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Redaksi J-DINAMIKA mengundang para penulis untuk mengirimkan jurnal hasil pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilaksanakan. Pendapat yang dimuat pada jurnal ini sepenuhnya merupakan pendapat penulis artikel atau tidak mencerminkan pendapat redaksi.