PELATIHAN DAN PENYULUHAN USAHA OTAK-OTAK IKAN DI PERUMAHAN DINAS PT KAI KOTA SURABAYA

Titus Kristanto

Abstrak


Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat adalah memberikan keterampilan kepada masyarakat dalam hal berwirausaha otak-otak ikan, mengurangi jumlah pengangguran dan menambah etos kerja dalam melaksanakan aktivitas. Metode kegiatan yang digunakan adalah pelatihan, penyuluhan, pendampingan, dan praktik langsung pembuatan otak-otak ikan. Lokasi kegiatan berada di perumahan dinas PT KAI Kota Surabaya. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam pembuatan dan memasarkan produk otak-otak ikan.

 

Kata Kunci — pelatihan, penyuluhan, pendampingan, otak-otak ikan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kristanto, Titus, Eka Cahya Muliawati, Rachman Arief, and Syaiful Hidayat. 2018. “Peningkatan Kualitas Produksi UKM Percetakan Di Karangpilang Surabaya Dan Krian Sidoarjo.” AKSIOLOGIYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2(1): 33–38.

Ulfiyanti, Yuni, M. Shofiul Amin, Mirza Ghulam R, and Sari Wiji Utami. 2018. “Pelatihan Penyusunan Rencana Anggaran Biaya Infrastruktur Desa Bagi Perangkat Desa Di Desa Karangbendo Kecamatan Rogojampi.” J-Dinamika: : Jurnal Pengabdian Masyarakat 3(1): 19–24


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


J-DINAMIKA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat terbit pertama kali bulan Juni 2016, dan diterbitkan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Redaksi J-DINAMIKA mengundang para penulis untuk mengirimkan jurnal hasil pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilaksanakan. Pendapat yang dimuat pada jurnal ini sepenuhnya merupakan pendapat penulis artikel atau tidak mencerminkan pendapat redaksi.