KELOMPOK SUPORTIF HIPERTENSI DI DESA SAMBIMULYO DAN DESA SENEPOREJO KABUPATEN BANYUWANGI

Mad Zaini

Abstrak


Hipertensi pada seorang menjadi pemicu terjadinya masalah dalam kehidupan, tidak hanya masalah fisik, tetapi juga masalah dalam kehidupan sehari-hari. Perubahan fungsi tubuh akibat hipertensi, ancaman terhadap integritas diri, pengobatan serta perubahan peran dalam kehidupan sehari-hari diyakini menjadi penyebab munculnya masalah sosial dan ekonomi. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka perlu pelayanan yang komprehensif. Pelayanan dapat dilakukan dalam bentuk menggerakkan dan memberdayakan potensi di masyarakat, terutama warga masyarakat, tokoh masyarakat serta profesi di bidang kesehatan. Sebagai wujud partisipasi profesi bidang kesehatan, maka dilaksanakan program kemitraan masyarakat “kelompok suportif hipertensi” yang berlokasi di Desa Sambimulyo dan Desa Seneporejo Kabupaten Banyuwangi. Tujuan kegiatan kemitraan ini adalah mengatasi masalah utama yang dihadapi penderita hipertensi yaitu kurangnya pengetahuan tentang perawatan hipertensi serta kurangnya kemampuan yang adaptif pada penderita dan keluarga. Luaran yang didapatkan adalah terbentuk kelompok suportif hipertensi dan tersusun modul suportif hipertensi. Selain itu, kegiatan kemitraan ini berjalanan dengan baik dan mendapatkan dukungan dari pemerintah desa dan masyarakat yang ada di Desa Sambimulyo dan Desa Seneporejo,


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dirjen Med & WHO (2012). Word Health Organization – Psychiatric Prevalence in General Health Care. Jakarta

Kemenkess RI. (2013). Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 75 tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). Jakarta.

Perry, A.G. Potter, P.A, (2010). Buku Ajar Fundamental Keperawatan : Konsep, Proses, dan Praktik. Edisi 7. Volume 2. Alih Bahasa : Renata Komalasari,dkk. Jakarta: EGC.

Strom, J.L & Egede, L.E. (2013) The Impact of Social Support on Outcomes in Adult Patients with Type 2 Diabetes: A Systematic Review. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3490012/

Stuart, G.W. (2013). Principles and practice of psychiatric nursing. (9th ed). St Louis: Mosby Year Book

Videbeck, S.L. (2010). Psychiatric Mental Health Nursing. Philadelphia: Lippincott Williams & Wilkins.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


J-DINAMIKA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat terbit pertama kali bulan Juni 2016, dan diterbitkan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Redaksi J-DINAMIKA mengundang para penulis untuk mengirimkan jurnal hasil pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilaksanakan. Pendapat yang dimuat pada jurnal ini sepenuhnya merupakan pendapat penulis artikel atau tidak mencerminkan pendapat redaksi.