PKM PENINGKATAN KECERDASAN EMOSI DAN KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS MELALUI KEGIATAN MENDONGENG PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI KOTA TEGAL

Endang Sulistianingsih, Sanday Jamaludin, Sumartono Sumartono, Deddy Prihadi

Abstrak


Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan emosi anak sekaligus kemampuan berbahasa Inggris. Hal ini dilakukan melalui pelaksanaan kegiatan mendongeng dan dongeng tersebut disampaikan dalam bahasa Inggris. Penyampaian dongeng dalam bahasa Inggris adalah atas permintaan mitra, mengingat dalam kurikulum 2013 tidak ada mata pelajaran bahasa Inggris. Padahal bahasa Inggris sangat dibutuhkan dalam era globalisasi. Orang tua murid khususnya sekolah-sekolah swasta sangat menghendaki agar mata pelajaran bahasa Inggris tetap diberikan kepada anak-anak mereka meskipun hanya melalui ekstra kurikuler atau jam tambahan di sekolah. Target yang ingin dicapai adalah adanya peningkatan kecerdasan emosi anak dan kemampuan berbahasa Inggris pada siswa Sekolah Dasar. Mitra PKM yaitu SDIT Usamah dan SD Ihsaniyah Gajahmada. Serta pelatihan yang diberikan kepada guru-guru untuk meningkatkan kompetensi digital literacy nya. Dalam hal ini guru diharapkan dapat meningkatkan kualitas mengajarnya. Dari sebelum pelatihan kebanyakan para guru hanya memanfaatkan papan tulis dan spidol untuk mengajar, dengan adanya pelatihan ini guru diharapkan mampu membuat media pengajaran menarik yang berbasis digital.  Target yang sudah dicapai adalah adanya kegiatan mendongeng menggunakan dongeng digital yang berbahasa Inggris. Serta pelatihan membuat media pembelajaran berbasis digital yang diikuti oleh sekitar 60 guru yang berasal dari SDIT Usamah dan SD Ihsaniyah Gajahmada.  Hasil yang sudah dicapai adalah adanya peningkatan kecerdasan emosi anak dan kemampuan berbahasa Inggris siswa pada sekolah mitra dan para guru berhasil membuat video pembelajaran.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Goleman, D. (2005) Emotional Intelligence: Why it can matter more than IQ. New York: Bantam Books.

Isbell, R. et al. (2004) ‘The effects of storytelling and story reading on the oral language complexity and story comprehension of young children’, Early Childhood Education Journal. doi: 10.1023/B:ECEJ.0000048967.94189.a3.

Shapiro, L. E. (1998) How to Raise a Child with a High EQ: A Parents’ Guide to Emotional Intelligence. New York: HarperPerennial.

Staden, C. J. S. and Watson, R. (2007) ‘When old is new: exploring the potential of using indigenous stories to construct learning in early childhood settings’, in A paper presented at the AARE conference, Fremantle 26-29th November.

Sulistianingsih, E. (2017) ‘The effectiveness of learning model based digital storytelling to improve student’s emotional intelligence’, Jurnal Penelitian Pendidikan, 34(2), pp. 121–126.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


J-DINAMIKA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat terbit pertama kali bulan Juni 2016, dan diterbitkan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Redaksi J-DINAMIKA mengundang para penulis untuk mengirimkan jurnal hasil pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilaksanakan. Pendapat yang dimuat pada jurnal ini sepenuhnya merupakan pendapat penulis artikel atau tidak mencerminkan pendapat redaksi.