PKM KELOMPOK PEREMPUAN USIA REPRODUKTIF BERISIKO KANKER PAYUDARA DI KELURAHAN PATRANG DAN KELURAHAN KEBONSARI KABUPATEN JEMBER PROPINSI JAWA TIMUR

luh titi handayani

Abstrak


Penyakit kanker salah satu penyebab kematian utama di seluruh dunia. Prevalensi kanker payudara di Indonesia tertinggi terdapat di Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah. Kanker payudara dapat menyerang semua tingkat usia dan meningkat setelah menopause. Deteksi dini kanker payudara dapat dilakukan dengan cara pemeriksaan payudara sendiri (sadari) dan pemeriksaan payudara klinis (sadanis). Deteksi dini dapat dilakukan mandiri pada periode tertentu sesuai dengan siklus hormonal. Hasil survey pada mitra disapatkan bahwa banyak yang tidak memahami tentang tanda dan gejala, pemeriksaan sendiri (sadari), faktor resiko dan penyebab serta penatalaksanaan. Tujuan dari kegiatan ini mengidentifikasi kemampuan kader dalam melakukan pendampingan pemeriksaan sadari. Metode dalam kajian ini menggunakan metode referensi dan survey lapangan kepada perempuan usia 18 – 60 tahun sejumlah 30 responden. Demonstrasi deteksi dini sadari oleh kader dan pemeriksaan sadanis (Ultra Sono Graphy (USG)) dilakukan. Analisis data dilakukan secara deskriptif terhadap variabel usia, status menikah, jumlah anak, riwayat hormonal, dan pola hidup sehat dan hasil USG. Hasil wawancara dengan responden bahwa kader melakukan deteksi dini dengan pemeriksaan sadari dengan baik (90%). Hasil pemeriksaan sadari oleh kader didapatkan dua responden ada benjolan pada payudara. Hasil pemeriksaan sadanis (USG) 100% tidak didapatkan tanda keganasan terhadap responden. Pemberdayaan masyarakat bidang kesehatan dalam upaya deteksi dini kanker payudara dapat dilakukan dengan baik oleh kader. Peran kader dalam kesehatan sebagai penyambung informasi kesehatan secara langsung pada kelompok masyarakat terkecil yaitu keluarga dan individu dalam upaya meningkatkan status kesehatan masyarakat.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


American Cancer Society. 2007. How Many People Have Breast Cancer. http;//www.cancer.org. Diakses tanggal 3 Mei 2016.

Anonymus (2014). 15 Penyebab Kanker Payudara Yang Perlu Diwaspadai. http://faktakanker.com/. Diakses pada 10 April 2016

Globocan, International Agency for Research on Cancer (IARC). 2002. http;//www.Globocan.go.id. Diakses tanggal 10 April 2016.

Kementerian Kesehatan RI. 2015. Cegah Kanker dengan Menerapkan Perilaku Cerdik. Jakarta: Pusat data dan Informasi.

Kementerian Kesehatan RI, 2015. Situasi Penyakit Kanker. Jakarta: Pusat Data dan Informasi.

Kementerian Kesehatan RI, 2014. Kebijakan dan Strategi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Tidak Menular. Jakarta: KEMENKES RI

National Breast and Ovarian Cancer Centre (2009). https://www.health.gov.au/ diakses 10 April 2016




DOI: https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v4i1.1049

DOI (PDF): https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v4i1.1049.g1000

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2019 J-Dinamika



J-DINAMIKA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat terbit pertama kali bulan Juni 2016, dan diterbitkan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Redaksi J-DINAMIKA mengundang para penulis untuk mengirimkan jurnal hasil pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilaksanakan. Pendapat yang dimuat pada jurnal ini sepenuhnya merupakan pendapat penulis artikel atau tidak mencerminkan pendapat redaksi.