PKM KARANG TARUNA WIRANUSA DESA GUMIRIH KECAMATAN SINGOJURUH DALAM PEMANFAATAN SUMBER DAYA PERAIRAN SEBAGAI KAWASAN KAMPUNG IKAN

Sari Wiji Utami

Abstrak


Tingkat kesejahteraan masyarakat di dusun Gayam Lor, desa Gumirih, kecamatan Singojuruh, kabupaten Banyuwangi masih belum merata dan hanya mengandalkan mata pencaharian utama sebagai petani dan pedagang. Sumber daya perairan yang ada di sekitar pemukiman masyarakat juga belum dimanfaatkan untuk kegiatan budidaya perikanan. Ikan nila (Oreochromis niloticus) atau Nile Tilapia adalah sejenis ikan konsumsi air tawar yang mampu beradaptasi dan mempunyai toleransi terhadap kualitas air dengan kisaran yang lebar. Ikan nila selain dipelihara di kolam biasa seperti yang umum dilakukan, juga dapat dibudidayakan di media lain seperti kolam air deras, kantung jaring apung, karamba, sawah, bahkan dalam tambak (air payau) sekalipun. Dengan adanya program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini, diharapkan desa Gumirih dapat menjadi salah satu sentra penghasil perikanan air tawar nila merah yang memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi, melalui pengembangan “Kampung Ikan” dan menjadi lokasi percontohan bagi kawasan lain di kecamatan Singojuruh, mengingat sub sektor perikanan belum berkembang baik di wilayah ini. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat mewujudkan masyarakat yang mandiri secara ekonomi dan sosial, meningkatkan keterampilan masyarakat untuk berwirausaha dan mengolah produk hasil perikanan yang dibudidayakan, serta meningkatkan kesejahteraan melalui pembentukan “Kampung Ikan”.

Kata kunci: ikan nila merah, Kampung Ikan, sumber daya perairan


Referensi


Arsyad, F. 2012. Peran budidaya ikan nila dalam rangka peningkatan pendapatan masyarakat di kabupaten Klaten (Studi kasus di kecamatan Polanharjo, Klaten). [skripsi]. Surakarta: Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Arsyad, S. 2006. Konservasi Tanah dan Air. Bogor: IPB Press.

Hamidi, W., Ningsih, R. B., Sari, M. 2009. Kontribusi sektor perikanan dalam peningkatan perekonomian provinsi Riau. https://media.peneliti.com/media/publications/8843-ID-kontribusi-sektor-perikanan-dalam-peningkatan-perekonomian-provinsi-riau.pdf [internet]. Diakses pada 23 Agustus 2018.

Humas Pemerintah Kabupaten Banyuwangi. 2016. Desa Gumirih miliki mobil layanan gratis bagi warganya. https://www.banyuwangikab.go.id/berita-daerah/desa-gumirih-miliki-mobil-layanan-gratis-bagi-warganya.html [internet]. Diakses pada 21 Juli 2018.

Juanti, F., Jumiati, A., Santoso, E. 2014. Economic landscape sub sektor perikanan pada perekonomian kabupaten Sidoarjo: model input output dan Analytical Hierarchy Process. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi. 1(1): 42-52.

Khairuman dan Amri, K. 2006. Rahasia Sukses Usaha Perikanan Nila Nirwana Prospek Bisnis dan Teknik Budi Daya Nila Unggul. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Merdeka.com. 2016. Bikin inovasi tanpa dana desa, desa Gumirih jadi desa percontohan. https://banyuwangi.merdeka.com/info-banyuwangi/bikin-inovasi-tanpa-dana-desa-desa-gumirih-jadi-desa-percontohan-160810s.html [internet]. Diakses pada 27 Agustus 2018.

Oktavia, H. F., Hanani, N., Suhartini. 2016. Peran sektor pertanian dalam pembangunan ekonomi di provinsi Jawa Timur (pendekatan input-output). Jurnal Habitat. 27(2): 72-84.

Phillips, M., Henriksson, P. J. G., Tran, N., Chan, C.Y., Mohan, C.V., Rodriguez, U.P., Suri, S., Hall, S., Koeshendrajana, S. 2016. Menjelajahi Masa Depan Perikanan Budidaya Indonesia. Penang: WorldFish.

Syarief, A., Rustiadi, E., Hidayat, A. 2014. Analisis subsektor perikanan dalam pengembangan wilayah kabupaten Indramayu. Jurnal Tata Loka. 16(2): 84-93.

Web Desa Kabupaten Banyuwangi. 2018. Potensi Desa Gumirih. http://gumirih.desa.id/ [internet]. Diakses pada 21 Agustus 2018.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


J-DINAMIKA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat terbit pertama kali bulan Juni 2016, dan diterbitkan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Redaksi J-DINAMIKA mengundang para penulis untuk mengirimkan jurnal hasil pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilaksanakan. Pendapat yang dimuat pada jurnal ini sepenuhnya merupakan pendapat penulis artikel atau tidak mencerminkan pendapat redaksi.