PKM DESA LEMAHBANG DEWO ROGOJAMPI KABUPATEN BANYUWANGI NORMALISASI SALURAN AIR HUJAN DAN GREY WATER (AIR KOTOR RUMAH TANGGA) GUNA MENINGKATKAN KENYAMANAN DAN KESEHATAN WARGA PERUMAHAN CITRA GARDEN

Mirza Ghulam Rifqi

Abstrak


Perumahan Citra Garden merupakan perumahan yang pertama kali berdiri di desa Lemahbang Dewo. Perumahan ini berada disepanjang saluran irigasi yang mengairi sawah disisi timur dan sisi barat perumahan. Saluran irigasi ini merupakan satu-satunya jalur pengairan untuk areal persawahan warga. Saluran irigasi ini menjadi salah satu area  banjir pada musim penghujan. Selain karena debit air yang melimpah, sampah pertanian dan sampah rumah tangga yang menyumbat saluran irigasi menjadi penyebab utama banjir di perumahan Citra Garden.

Banjir yang terjadi selalu menghasilkan tumpukan sampah pertanian dan sampah rumah tangga. Hal ini menunjukkan bahwa tumpukan sampah tersebut telah menyumbat saluran irigasi sehingga mengakibatkan limpasan air menggenangi jalan disepanjang jalur irigasi. Tumpukan sampah ini menunjukkan perilaku warga yang tidak tepat dalam upaya menjaga lingkungan. Sampah yang dominan menyumbat saluran adalah sampah pertanian dan sampah rumah tangga, yaitu berupa plastik bekas penutup tanah untuk penyemaian tanaman, plastik bungkus makanan, pampers dan lain sebagainya. Dalam hal ini perlu dibuatkan penyaring sampah pada hulu saluran irigasi untuk mencegah sampah dari luar perumahan masuk ke saluran irigasi di perumahan lalu menyumbat jalur irigasi dan akhirnya menggenangi jalan disepanjang jalur irigasi.

Masyarakat Desa Lemahbang Dewo Kecamatan Rogojampi, khususnya warga perumahan Citra Garden membutuhkan perbaikan sarana prasarana saluran air hujan sebagai persiapan menghadapi musim penghujan. Diperlukan terobosan-terobosan untuk bisa menormalisasi saluran eksisting dan menjaga ketersediaan air tanah di lingkungan perumahan. Dengan diperbaikinya saluran air irigasi dan saluran air hujan, gangguan yang selama ini mengganggu aktifitas warga perumahan berkurang. Dengan dibaginya air pada saluran irigasi, over volume yang terjadi pada saluran irigasi akan berkurang. Saluran juga memerlukan penyaring sampah untuk mencegah sampah masuk kedalam gorong-gorong, sehingga kemungkinan terjadinya penyumbatan saluran akan dapat dihindari. Selain itu perlu adanya saluran keliling untuk mengalirkan air hujan ke saluran utama

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v4i1.1070

DOI (PDF): https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v4i1.1070.g1004

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2019 J-Dinamika



J-DINAMIKA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat terbit pertama kali bulan Juni 2016, dan diterbitkan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Redaksi J-DINAMIKA mengundang para penulis untuk mengirimkan jurnal hasil pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilaksanakan. Pendapat yang dimuat pada jurnal ini sepenuhnya merupakan pendapat penulis artikel atau tidak mencerminkan pendapat redaksi.