MARKETPLACE SEBAGAI MEDIA PEMASARAN PRODUK UKM DI KECAMATAN MAOS GUNA TINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT

Artdhita Fajar Pratiwi

Abstrak


Maos Lor merupakan salah satu desa yang memiliki banyak UKM dengan beberapa produk unggulan, antara lain batik, makanan khas, hasil pertanian serta perikanan. Produk yang dihasilkan akan dijual kepada masyarakat. Selain memanfaatkanMaos Lor merupakan salah satu desa yang memiliki banyak UKM dengan beberapa produk unggulan, antara lain batik, makanan khas, hasil pertanian serta perikanan. Produk yang dihasilkan akan dijual kepada masyarakat. Selain memanfaatkan pasar tradisional, masyarakat juga sudah menggunakan social media dalam menawarkan barang dagangannya. Pengelolaan kegiatan Pemasaran sebagian besar masih bersifat perorangan, sehingga hal tersebut dapat menjadi salah satu penyebab tidak meratanya tingkat perekonomian masyarakat. Sebuah wadah dalam bentuk sistem marketplace dapat dijadikan sebagai media Pemasaran, khususnya bagi  masyarakat perorangan dan UKM. Sistem marketplace dapat digunakan untuk menawarkan produk yang dijual, memproses pembelian, konfirmasi pembayaran bahkan sampai pada informasi pengiriman barang, sehingga lebih banyak masyarakat yang dapat mengetahui produk-produk yang ditawarkan. Sistem tersebut dapat digunakan untuk mengelola produk-produk Pemasaran masyarakat dan UKM sebagai produk unggulan daerah tersebut. Pengelolaan penjualan produk UKM yang terpusat diharapkan dapat meningkatkan transaksi Pemasaran, sehingga dapat meningakatkan pendapatan yang berpotensi pada peningkatan tingkat perekonomian masyarakat. pasar tradisional, masyarakat juga sudah menggunakan social media dalam menawarkan barang dagangannya. Pengalolaan kegiatan Pemasaran sebagian besar masih bersifat perorangan, sehingga hal tersebut dapat menjadi salah satu penyebab tidak meratanya tingkat perekonomian masyarakat. Sebuah wadah dalam bentuk sistem marketplace dapat dijadikan sebagai media Pemasaran, khususnya bagi  masyarakat perorangan dan UKM. Sistem marketplace dapat digunakan untuk menawarkan produk yang dijual, memproses pembelian, konfirmasi pembayaran bahkan sampai pada informasi pengiriman barang, sehingga lebih banyak masyarakat yang dapat mengetahui produk-produk yang ditawarkan. Sistem tersebut dapat digunakan untuk mengelola produk-produk Pemasaran masyarakat dan UKM sebagai produk unggulan daerah tersebut. Pengelolaan penjualan produk UKM yang terpusat diharapkan dapat meningkatkan transaksi Pemasaran, sehingga dapat meningakatkan pendapatan yang berpotensi pada peningkatan tingkat perekonomian masyarakat.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v4i1.1079

DOI (PDF): https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v4i1.1079.g996

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2019 J-Dinamika



J-DINAMIKA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat terbit pertama kali bulan Juni 2016, dan diterbitkan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Redaksi J-DINAMIKA mengundang para penulis untuk mengirimkan jurnal hasil pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilaksanakan. Pendapat yang dimuat pada jurnal ini sepenuhnya merupakan pendapat penulis artikel atau tidak mencerminkan pendapat redaksi.