PKM Penataan Ruang dan Manajemen Perpustakaan di SDN 3 Aliyan

ely trianasari, ika yuiwati, ninik sri rahayu wilujeng

Sari


Misi Politeknik Negeri Banyuwangi yaitu meningkatkan akses, relevansi, kemampuan ilmu pengetahuan, teknologi dan inovasi untuk sumber daya manusia yang berkualitas. Hal tersebut sejalan dengan program Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dalam meningkatkan mutu sumber daya manusia. Pemerintah Kabupaten Banyuwangi secara terus menerus melakukan perbaikan mutu pendidikan. Dalam meningkatkan mutu sumber daya masyarakat melalui pendidikan tidak hanya dengan mengembangkan kemampuan intelektual saja, tetapi dengan meningkatkan sarana dan prasarana yang mendukung program pembelajaran. Apabila sarana dan prasarana yang mendukung proses pembelajaran terpenuhi, dapat dipastikan hal tersebut akan mendukung keberhasilan dalam pendidikan. Siswa akan merasa senang, nyaman selama berada di lingkungan sekolah. Sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran dapat disesuaikan dengan situasi sekitar. Sarpras tersebut tidaklah harus mewah dan canggih, tetapi dengan sarpras yang sederhana dan nyaman akan membuat siswa betah berada di sekolah. Salah satu sarpras yang bisa mendukung keberhasilan pembelajaran dan peningkatan mutu sumber daya manusia adalah perpustakaan. Permasalahan yang dialami mitra (SDN 3 Aliyan) adalah perpustakaan yang belum memadai dari segi penataan ruang, fasilitas, administrasi, bahkan bahan bacaan yang masih tergolong kurang. Apabila hal ini tetap dibiarkan maka akan menghambat keberhasilan siswa dalam pembelajaran. Pada pengabdian ini dilakukan beberapa proses yaitu kunjungan kepada mitra (SDN 3 Aliyan) untuk memahami permasalahan yang dialami mitra, melakukan perbaikan perpustakaan yang ada meliputi penataan ruang, pemenuhan fasilitas yang mendukung, dan sosialisasi pengelolaan dan administrasi perpustakaan. Luaran yang diharapkan dari pengabdian ini antara lain penataan ruang yang nyaman bagi pembaca di perpustakaan SDN 3 Aliyan dan manajemen perpustakaan yang baik oleh guru-guru SDN 3 Aliyan. Serta publikasi pada jurnal pengabdian masyarakat.

Keywords — Pendidikan, Perpustakaan, SDN 3 Aliyan


Referensi


Bafadal, Ibrahim. 2009. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta : Bumi Aksara.

Surachman, A. 2009. Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007:Peluang dan Tantangan Bagi Pustakawan. Disampaikan pada Finalis Lomba Pustakawan Berprestasi Tingkat DIY. 29 Juni 2009. Gedung Kagama. Yogyakarta.

Yusuf, P. M. & Suhendar, Y. 2007. Pedoman Penyelenggeraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta : Kencana.




DOI: https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v4i2.1080

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

J-DINAMIKA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat terbit pertama kali bulan Juni 2016, dan diterbitkan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Redaksi J-DINAMIKA mengundang para penulis untuk mengirimkan jurnal hasil pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilaksanakan. Pendapat yang dimuat pada jurnal ini sepenuhnya merupakan pendapat penulis artikel atau tidak mencerminkan pendapat redaksi.