PENGEMBANGAN CSG (CHILDREN SMART GAMES) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS SISWA SD KELAS V MI AN NAJAHIYYAH

Ika Yuniwati

Sari


Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang diajarkan di segala usia mulai PAUD sampai dengan Perguruan Tinggi. Kemampuan Bahasa Inggris peserta didik sangat bermanfaat untuk bekal di masa mendatang agar mampu berkomunikasi dengan baik, khususnya untuk menghadapi era disrupsi. Dimana di era ini terjadi pertukaran informasi tanpa batas. Hasil pembelajaran bahasa inggris di Indonesia masih cukup rendah, khususnya ditempat mitra yaitu MI An-Najahiyyah kelas 5. Oleh karena itu dibutuhkan suatu inovasi pembelajaran yang mampu membuat peserta didik tertarik mempelajari bahasa inggris. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi mitra, pengusul mengembangkan game sebagai media pembelajaran bahasa inggris yang berbasis Android. Game yang dikembangkan menekankan pada materi bahasa inggris kelas 5 SD/MI sederajat. Didalam game ini terdapat 3 level yang berbeda tingkat kesulitannya, level 1 berisi permainan kata yang dikemas dengan model quiz, level 2 berisi permainan kalimat dengan model puzzle dan level 3 menekankan pada teks cerita  yang dikemas dalam model role-playing game. Pengusul juga memberi panduan di menu utama untuk mempermudah siswa mempelajari cara bermain di setiap level. Setelah dilakukan pengembangan game kemudian dilakukan validasi oleh guru bahasa inggris mengenai kesesuaian game dengan kemampuan siswa kelas 5. Setelah game tervalidasi kemudian dilakukan sosialisasi ke guru-guru MI An-Najahiyyah mengenai game yang dikembangkan. Setelah itu dilakukan pendampingan pembelajaran bahasa inggris sebanyak dua kali yaitu Pembelajaran Game Level 1 di MI An Najahiyyah dan Pembelajaran Game Level 2 dan 3 di Politeknik Negeri Banyuwangi. Kegiatan yang pertama yaitu pengembangan Game Level 1 dan pendampingan pembelajaran di MI An Najahiyyah. Tahap berikutnya memfinalisasi Game Level 2 dan Game Level 3 kemudian melakukan pembelajaran di Politeknik Negeri Banyuwangi.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Pembelajaran Bahasa Inggris (Studi kasus di SMPN 3 Bawen). Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran. Vol 2. No 1 : 79-92

Nugroho, Sentot. 2013. Pembuatan Media Pembelajaran Pengenalan Dasar Bahasa Inggris Untuk Kelas Satu dan Dua Pada Sekolah Dasar Negeri Kancangan. Disampaikan pada Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer FTI UNSA . Vol 2 No 1 : 90-93.

Riski, A., dkk. 2017. Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Inggris Kelas V Sekolah Dasar Negeri 02 Cinere. Jurnal CoreIT. Vol 3. No 1 :9-13.

Oey, dkk. 2017. Era Disrupsi Peluang dan Tantangan Pendidikan Tinggi. Jakarta Barat : Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v4i2.1089

DOI (PDF): https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v4i2.1089.g1228

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

J-DINAMIKA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat terbit pertama kali bulan Juni 2016, dan diterbitkan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Redaksi J-DINAMIKA mengundang para penulis untuk mengirimkan jurnal hasil pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilaksanakan. Pendapat yang dimuat pada jurnal ini sepenuhnya merupakan pendapat penulis artikel atau tidak mencerminkan pendapat redaksi.