Pelatihan Aplikasi Manajemen Reproduksi untuk Peningkatan Produktivitas Peternak Kambing Perah Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang

Rini Widyastuti, Mohamad Ghozali

Abstrak


Peternakan kambing perah merupakan mata pencaharian utama masyarakat Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang disanping produk pertanian. Pengelolaan peternakan dilakukan dengan cara tradisional dan belum menerapkan manajemen reproduksi secara menyeluruh dan komprehenship sehingga hasil yang diperoleh belum optimal. Terbatasnya aplikasi manajemen reproduksi ini disebabkan oleh minimnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat peternak terhadap hal tersebut. Salah satu upaya untuk peningkatan hasil tersebut adalah dengan meningkatkan kesadaran masyarakat. Berdasarkan kondisi tersebut maka perlu dilakukan penyuluhan tentang aplikasi manajemen reproduksi dan pelatihan kepada masyarakat seempat untuk mengolah bahan alam yang ada. Kegiatan diawali dengan survei lokasi, pemberian vitamin pada kambing perah, penyuluhan, pengisian kuesioner, pengolahan hasil kuesioner. Hasil menunjukkan bahwa tangka pengetahuan peternak manajemen dan teknologi peroduksi masih sangat minim. Pengetahuan mereka tentang penerapan manajemen reproduksi dala pengeliolaan ternak kambing mengalami peningkatan yang cukup significan pasca pemberian penyuluhan.

 

Kata kunci:  kambing perah, manajemen reproduksi, peternak

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amiyati.. 2001. Petensi Susu Kambing sebagai Obat dan Sumber Protein Hewani untuk Meningkatkan Gizi Petani. Temu Teknis Fungsional non Peneliti. Hal. 13-17. Balai Penelitian Ternak. Bogor.

Badan Pusat Statistik., 2013. Populasi Ternak yang Dipelihara oleh Rumah Tangga Usaha Peternakan Sesuai Jenis Ternak yang Diusahakan Menurut Wilayah dan Jenis Ternak – Indonesia. www.bps.go.id

Davendra, C. dan Burns, M., 1994. Goat Production in the Tropic. Common Wealth. Agriculture Bureaux. Farnham Royal, England.

Widyastuti R., Winangun, K., Wira, D.W., Ghozali, M., Syamsunarno, M.R.A.A., 2017. Tingkat pengetahuan dan pespon peternak kambing perah terhadap penyakit hewan (Studi Kasus: Kelompok Tani Simpay Tampomas Cimalaka Sumedang), Dharmakarya. 6(2), pp: 89-92.

Yunita, D., Widyastuti, R.., Syamsunarno, M.R.A.A., Rasad, S.D., dan Indika, D.R., 2017. Pembagian Peran Dan Pengambilan Keputusan Dalam Rumah Tangga Peternak Kambing Perah Di Desa Cilengkrang Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang). Jurnal Ilmu Ternak. 17(1), pp: 21-26.




DOI: https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v4i2.1108

DOI (PDF): https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v4i2.1108.g1276

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2019 J-Dinamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-DINAMIKA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat terbit pertama kali bulan Juni 2016, dan diterbitkan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Redaksi J-DINAMIKA mengundang para penulis untuk mengirimkan jurnal hasil pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilaksanakan. Pendapat yang dimuat pada jurnal ini sepenuhnya merupakan pendapat penulis artikel atau tidak mencerminkan pendapat redaksi.