PENGEMBANGAN SMART KAMPUNG UNTUK MENDUKUNG SISTEM PEMERINTAHAN DESA

eka mistiko rini, Muh. Fuad Al haris, Dianni Yusuf

Sari


Smart kampung digagas oleh pemerintah kabupaten Banyuwangi untuk menggerakkan ekonomi lokal terutama warga desa. Desa Tamansari sebagai desa penyangga wisata gunung ijen juga merupakan desa “smart kampung”. Salah satu kriteria smart kampung yaitu pelayanan publik. Dalam hal pelayanan publik, administrasi persuratan di desa menjadi isu yang sangat penting. Dari pengelolaan, pengarsipan sampai pengajuan surat ke kepala desa perlu ditingkatkan dari segi kecepatan dan keleluasaannya (fleksibilitas). Dengan memanfaatkan teknologi informasi, tidak diragukan lagi dapat meningkatkan pelayanan publik yang diberikan oleh kepala dan perangkat desa Tamansari bagi warganya menjadi lebih baik, lebih cepat dan lebih efisien. Untuk mendukung program smart kampung tersebut maka dilaksanakanlah program pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan program pelayanan desa dalam hal pengelolaan surat-menyurat di tingkat desa. Program ini dilaksanakan dengan menerapkan sistem informasi layanan administrasi yang dapat digunakan untuk pengelolaan surat menyurat, arsip elektronik dan proses pengajuan yang lebih cepat. Dengan program pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan publik di desa Tamansari kecamatan licin untuk mendukung program smart kampung di Kabupaten BanyuwangiSmart kampung digagas oleh pemerintah kabupaten Banyuwangi untuk menggerakkan ekonomi lokal terutama warga desa. Desa Tamansari sebagai desa penyangga wisata gunung ijen juga merupakan desa “smart kampung”. Salah satu kriteria smart kampung yaitu pelayanan publik. Dalam hal pelayanan publik, administrasi persuratan di desa menjadi isu yang sangat penting. Dari pengelolaan, pengarsipan sampai pengajuan surat ke kepala desa perlu ditingkatkan dari segi kecepatan dan keleluasaannya (fleksibilitas). Dengan memanfaatkan teknologi informasi, tidak diragukan lagi dapat meningkatkan pelayanan publik yang diberikan oleh kepala dan perangkat desa Tamansari bagi warganya menjadi lebih baik, lebih cepat dan lebih efisien. Untuk mendukung program smart kampung tersebut maka dilaksanakanlah program pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan program pelayanan desa dalam hal pengelolaan surat-menyurat di tingkat desa. Program ini dilaksanakan dengan menerapkan sistem informasi layanan administrasi yang dapat digunakan untuk pengelolaan surat menyurat, arsip elektronik dan proses pengajuan yang lebih cepat. Dengan program pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan publik di desa Tamansari kecamatan licin untuk mendukung program smart kampung di Kabupaten Banyuwangi

Referensi


Tree Setiawan P., Panca Oktawirani, Indra Perdana W., Kajian Model Akselerasi Pelayanan Desa Terintegrasi Melalui Program Smart Kampung Di Kabupaten Banyuwangi, http://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/79335/115-129_1.pdf?sequence=2

Peraturan Bupati Banyuwangi No 18 tahun 2016 tentang Integrasi Program Berbasis Desa/Kelurahan Melalui Smart Kampung

Ibrahim, Amin, 2005 a, Administrasi Publik Kontemporer (Cakrawala Baru dalam Melihat Secara Sistematik Administrasi Publik), Pasca sarcana UnpadUnsri, Bandung-Palembang

Diah Rachma Aprianty, 2016, Penerapan Kebijakan E-Government Dalam Peningkatan Mutu Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Sambutan Kota Samarinda, eJournal Ilmu Pemerintahan, 2016, 4 (4): 1589-1602 ISSN 2477-2458, ejournal.ip.fisip-unmul.ac.id

Faizah, N. & Sensuse D. I. 2009. Faktor-Faktor Sukses Implementasi E-Government di Empat Kabupaten di Indonesia. Digital Information & System Conference

Whitten L Jeffery, Bentley D. Lonnie, Dittman C. Kevin, 2004, Metode Desain dan Analisis Sistem, Edisi 6., Edisi Internasional Mc.Graw Hill Education dan Penerbit Andi Jogyakarta

Peraturan Perundang-undangan RPJMD Kabupaten Banyuwangi tahun 2010-2015




DOI: https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v4i2.1128

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

J-DINAMIKA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat terbit pertama kali bulan Juni 2016, dan diterbitkan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Redaksi J-DINAMIKA mengundang para penulis untuk mengirimkan jurnal hasil pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilaksanakan. Pendapat yang dimuat pada jurnal ini sepenuhnya merupakan pendapat penulis artikel atau tidak mencerminkan pendapat redaksi.