Penerapan Teknologi Informasi Untuk Proses Produksi Dan Pemasaran Produk Batik Dan Bordir Di Pakisaji, Kab. Malang

dwi puspitasari

Abstrak


Tuntutan hidup yang semakin tinggi dibutuhkan sebuah cara untuk membantu mengatasi permasalahan yang terkait dengan perekonomian mendorong para ibu rumah tangga di Desa Pakisaji, Kabupaten Malang untuk membentuk kelompok usaha batik tulis “Ron Tuwuh” dan kelompok usaha bordir “Prohanji Bordir” yang merupakan teknik pembuatan kain bergambar. Namun, dalam wirausaha yang baru dirintis ini memiliki beberapa kendala seperti modal peralatan produksi yang belum mencukupi, keterbatasan sarana produksi, inovasi desain, desain yang masih manual serta sumber daya pemasaran yang masih terbatas. Mitra yang bekerjasama dalam kegiatan ini akan menerima pelatihan dan pendampingan mendesain batik dan bordir menggunakan teknologi komputer, pembuatan website sebagai media pemasaran juga bantuan alat dan bahan tambahan. Luaran yang didapatkan dalam kegiatan ini adalah website pemasaran yang diharapkan dapat membantu pemasaran produk kelompok usaha. Selain itu dengan kegiatan ini diharapkan anggota kelompok usaha mendapatkan tambahan pengetahuan dan keterampilan dalam mendesain batik dan border menggunakan perangkat komputer.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Nurficahyanti, Fera. 2015. Model Komunikasi Pemasaran Paguyuban Batik Tulis. Jurnal Komunikasi ASPIKOM, Volume 2 Nomor 5, Juli 2015, hlm 304-313.

Tahwin, Muhammad, 2012. Pengembangan Industri Kecil (Studi Kasus Industri Bordir Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang). Jurnal POTENSIO Volume 17 No. 1 Juli 2012.

Ikawanty, Beauty Anggraheny. 2015. Otomatisasi Canting Listrik Untuk Pembuatan Batik Tulis Probolinggo. Prosiding SENTIA 2015, Politeknik Negeri Malang.

Moyoretno, Bambang. Juni 2011. Rancang Bangun Canting Elektrik. Dinamika Kerajinan dan Batik, Vol. 29. Yogyakarta.

Wibisono, Guntur; Susanto, Wahyu Eko. 2015. Perancangan Website Sebagai Media Informasi Dan Promosi Batik Khas Kabupaten Kulonprogo. Jurnal Evolusi - Volume 3 No 2 –2015.

Rif’ah, Mega Inayati; Wibisono, M. Arif. 2016. Pengembangan Computer Aided Design (CAD) Warna Batik . Jurnal Forum Teknik Vol. 37, No. 1, Januari 2016.

Moriansyah, La. 2015. Pemasaran Melalui Media Sosial: Antecedents Dan Consequences. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik Vol. 19 No.3, Desember 2015: 187-196




DOI: https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v4i2.1131

DOI (PDF): https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v4i2.1131.g1226

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2019 J-Dinamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-DINAMIKA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat terbit pertama kali bulan Juni 2016, dan diterbitkan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Redaksi J-DINAMIKA mengundang para penulis untuk mengirimkan jurnal hasil pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilaksanakan. Pendapat yang dimuat pada jurnal ini sepenuhnya merupakan pendapat penulis artikel atau tidak mencerminkan pendapat redaksi.