Rancang Bangun Mesin Pencacah Gedebog Pisang Untuk Meningkatkan Produksi Pakan Ternak Kambing Dengan Sistem Fermentasi di Kelurahan Sumberejo

abdul rohman

Sari


Gedebog pisang atau yang lebih di kenal Gedebog merupakan salah satu bagian dari pohon pisang yang dianggap sebagai limbah. Umumnya gedebog yang dianggap limbah sering dibuang begitu saja,belum adanya informasi bahwa limbah ini dapat dioptimalkan menjadi berbagai bahan yang mempunyai nilai jual dan dapat dijadikan usaha yang mempunyai keuntungan yang menjanjikan. Ketersedian bahan baku yang melimpah di sekitar lingkungan kelurahan serta harga bahan yang sangat terjangkau. Dari kondisi seperti di atas, kami melakukan pelatihan pembuatan pakan ternak fermentasi dan merencanakan mesin pencacah gedebog yang digunakan untuk mencacah gedebog pisang dengan ukuran yang sama rata dan tidak memerlukan tenaga yang besar ketika mencacah gedebog pisang menjadi ukuran yang lebih kecil-kecil sebagai bahan pakan ternak. Sebagai upaya untuk memudahkan peternak  dalam pengolahan gedebog pisang untuk dimanfaatkan sebagai bahan baku pakan ternak yang khususnya hewan kambing. Spesifikasi mesin pencacah gedebog pisang ini adalah menggunakan motor bakar (gasoline) dengan rasio kecepatan 1400 rpm d Perencanaan daya motor sebesar 6,5 HP menggunakan diameter pulley penggerak 65 mm dan diameter pulley yang digerakkan 156 mm, didapatkan putaran 500 rpm. Sistem transmisi menggunakan V-belt A. Diameter poros yang digunakan  sebesar 25 mm. Baut yang digunakan adalah M10. Pisau pada mesin pencacah ini berjumlah 3 buah dengan bahan stainless steel. Umumnya peternak belum mengetahui secara detail prosedur pembuatan pakan ternak kambing dari gedebog pisang dengan fermentasi.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


L. Mott, Robert. 2009. Elemen-Elemen Mesin dalam Perancangan Mekanis Buku 1. PENERBIT ANDI.

L. Mott, Robert. 2009. Elemen-Elemen Mesin dalam Perancangan Mekanis Buku 2. PENERBIT ANDI.

Sato, G.Takesi. 1986. Menggambar Mesin Menurut Standar Iso. Jakarta: Pradnya Paramita

Sularso. 2004. Elemen Mesin. Jakarta: PradnyaParamita.

Sularso, Kiyokatsu Suga. 1991. Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin, Cetakan ke 7, PT Pradnya Paramita, Jakarta.

Sunyoto. 2008. Teknik Mesin Industri Jilid 1. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Taufik Rahman, Dikdik. 2014. Cara Membuat Pakan Kambing Atau Domba Dari Pohon Pisang

I. Sunyoto, dkk, 2016. Kualitas Nutrisi Silase Limbah Pisang (batang dan Bonggol) dan Level Molases yang berbeda sebagai Pakan Ternak Alternatif Ternak Ruminansia. Jurnal Peternakan Vol 13 N0 2 September 2016

https://organichcs.com/2014/01/31/4-cara membuat-pakan-kambing-atau-domba-dari-pohon-pisang/. Diakses pada tanggal 10 februari 2016.




DOI: https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v4i2.1132

DOI (PDF): https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v4i2.1132.g1231

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

J-DINAMIKA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat terbit pertama kali bulan Juni 2016, dan diterbitkan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Redaksi J-DINAMIKA mengundang para penulis untuk mengirimkan jurnal hasil pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilaksanakan. Pendapat yang dimuat pada jurnal ini sepenuhnya merupakan pendapat penulis artikel atau tidak mencerminkan pendapat redaksi.