Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang

Ade Andri Hendriadi, betha nurina sari, Tesa Nur Padilah

Sari


Internet sudah digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat termasuk di dalamnya para pengusaha UMKM di daerah. Namun kurangnya wawasan dan edukasi bagi para pengusaha UMKM menyebabkan tidak optimalnya penggunaan internet dalam mendukung proses bisnis guna meningkatkan laba yang diraih oleh pelaku UMKM. Salah satu pemanfaatan internet dalam manajemen bisnis adalah digital marketing yang merupakan salah satu usaha untuk memasarkan atau mempromosikan sebuah produk melalui media internet agar bisa menjangkau konsumen maupun calon konsumen dengan cepat. Sehingga diharapkan manajemen usaha menjadi lebih optimal dan mendapatkan hasil yang maksimal.Produk unggulan dari UMKM Dapur MomieBaranie dengan BuTaRi (Bloeder Tape Durian) dan bolu terubuk serta UMKM dodol, minuman segar Cola van Java dan jus buah Kawista yang berbahan dasar buah Kawista yang merupakan buah khas Karawang, aktif di promosikan dengan mengangkat branding oleh – oleh khas Karawang melalui pengaplikasiandigital marketing. Akan tetapi belum optimalnya pengaplikasiandigital marketing yang dilakukan memotivasi usulan pelaksanaan pengabdian masyarakat dalam hal mengedukasi UMKM di Karawang terkait pengoptimalan digital marketing. Pelatihan digital marketing ini membantu UMKM untuk meningkatkan kemampuan para pengusaha UMKM dalam pemanfaatan digital marketing, ditandai dengan adanya kenaikan jumlah pesanan produk dari media online.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Rahmana, Arief. 2009. Peranan Teknologi Informasi Dalam Peningkatan Daya Saing Usaha Kecil Menengah.. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2009 (SNATI 2009). Yogyakarta, 20 Juni 2009. Pp (B11-15).




DOI: https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v4i2.1133

DOI (PDF): https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v4i2.1133.g1274

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

J-DINAMIKA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat terbit pertama kali bulan Juni 2016, dan diterbitkan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Redaksi J-DINAMIKA mengundang para penulis untuk mengirimkan jurnal hasil pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilaksanakan. Pendapat yang dimuat pada jurnal ini sepenuhnya merupakan pendapat penulis artikel atau tidak mencerminkan pendapat redaksi.