Pelatihan Pemanfaatan Tool Kolaborasi dan Pengolahan Data Online bagi Seluruh Guru BK SMA/MA Kabupaten Situbondo

Oktavia Ayu Permata, Khodijah Amiroh, Bernadus Anggo Seno Aji, Farah Zakiyah Rahmanti, Pangestu Widodo, Philip Tobianto Daely

Abstrak


Kemajuan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi diiringi dengan munculnya berbagai aplikasi yang dapat menunjang kemudahan dalam beraktivitas sehari – hari. Google sebagai salah satu penyedia produk dan layanan berbagai aplikasi menyediakan berbagai fitur yang dapat diakses oleh masyarakat luas seperti teknologi pencarian, komputasi web, perangkat lunak, dan periklanan. Tidak hanya untuk keperluan bisnis, Google juga merambah ke sektor pendidikan dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan melalui penyediaan tool yang interaktif. Salah satunya melalui tool kolaborasi dan pengolahan data online yang menggunakan Google Sheets dan Google Forms. Melalui kedua tool tersebut civitas academia dapat saling berkolaborasi dan berinteraksi secara online. Namun kemajuan teknologi tidak akan ada manfaatnya jika masyarakat tidak bisa memanfaatkan atau menggunakan tool tersebut secara optimal. Untuk itu kegiatan pengabdian masyarakat ini dibuat dalam bentuk pelatihan dengan tema pemanfaatan tool kolaborasi dan pengolahan data online. Setelah melakukan survei terhadap masyarakat sasar sebelum kegiatan berlangsung, diketahui bahwa Google Sheets dan Google Forms masih minim penggunanya. Untuk itu diadakan pelatihan pemanfaatan tool kolaborasi dan pengolahan data online menggunakan Google Sheets dan Google Forms bagi seluruh Guru BK SMA/MA Kabupaten Situbondo untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas sistem pengajaran di sekolah. Dari hasil pelaksanaan diketahui bahwa pelatihan ini mampu meningkatkan kompetensi Guru BK SMA/MA Kabupaten Situbondo yang dapat dilihat dari kemampuan mengoperasikan dan menggunakan Google Sheets dan Google Forms selama pelatihan dan setelahnya.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v5i1.1234

DOI (PDF): https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v5i1.1234.g1392

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2020 J-Dinamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-DINAMIKA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat terbit pertama kali bulan Juni 2016, dan diterbitkan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Redaksi J-DINAMIKA mengundang para penulis untuk mengirimkan jurnal hasil pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilaksanakan. Pendapat yang dimuat pada jurnal ini sepenuhnya merupakan pendapat penulis artikel atau tidak mencerminkan pendapat redaksi.