Edukasi Rumah Tangga Bebas Asap Rokok

Septian Emma Dwi Jatmika

Abstrak


 

Septian Emma Dwi Jatmika#1

#1Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Ahmad Dahlan,

Jl. Prof. Dr. Soepomo, S.H., Janturan, Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta.

1septianemma@ikm.uad.ac.id

 


Latarbelakang : Perokok pasif akan menerima efek asap rokok yang tidak sedikit pada kesehatannya. Berdasarkan hasil survey pendahuluan, terdapat 56,76% anggota keluarga yang merokok di RT 06 Dusun Ponegaran, Desa Jambidan, Banguntapan, Bantul. Sedangkan sebagain besar, para perokok merokok didalam rumah. Hal ini akan berdampak pada anak-anak sebagai perokok pasif. Tujuan kegiatan : Edukasi tentang dampak paparan asap rokok orang lain pada perokok pasif, agar mereka dapat terhindar dari paparan asap rokok. Metode: Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah penyuluhan menggunakan media leaflet yang dilakukan dengan mengujungi rumah warga satu per satu (door to door). Hasil Kegiatan: Materi kegiatan yang disampaikan meliputi dampak paparan asap rokok orang lain pada perokok pasif, dampak ekonomi akibat konsumsi rokok dan peran keluarga dalam pengendalian perilaku merokok. Masih perlu adamya penyuluhan atau intervensi tentang dampak akibat merokok, dampak paparan asap pada perokok pasif maupun aktif, dan pengendalian terhadap perilaku merokok. Mengingat bahaya rokok terhadap kesehatan bagi masyarakat. Kesimpulan : Diharapkan agar kader atau tenaga kesehatan dapat memberikan penyuluhan dengan frekuensi yang lebih sering dan ditambahkan materi mengenai rumah bebas asap rokok.

 

Kata Kunci: rumah tangga bebas asap rokok, asap rokok orang lain, AROL, dampak ekonomi, peran keluarga


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abulhosn, R., Morray, B., Llewellyn, C., & Redding, G., 1997, Passive Smoke Exposure Impairs Recovery After Hospitalization For Acute Asthma, Archives of Pediatrics & Adolescent Medicine, Vol. 151 No. 2 , Hal. 135-9.

Bustan, M. N, 2000, Epidemiologi Penyakit Tidak Menular, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dinkes DIY, 2013, Profil Kesehatan DIY tahun 2012, Dinkes DIY, Yogyakarta

Departemen Kesehatan RI., 2010, Riset Kesehatan Dasar tahun 2010, Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Emilda, R., 2014, Paparan Asap Rokok Sebagai Faktor Risiko Asma Pada Anak Dengan Rinitis Alergika, Yogyakarta: Program Pascasarjana UGM.

Masashi,K., Hiromasa,I., Koichiro,M., Hiroshi,K., Satoru,F., Hisamichi,A.,&Nobuyuki,H, 2001, PAF mediates cigarette smoke-induced gobletcell metaplasia in guinea pig airways. AJP Lung Cell Mol Physiology; 280:L436-L441

Perdana A., Agung Eko, 2014, Kampanye Pencegahan Perokok Pasif Pada Anak-Anak, Jurnal Tingkat Sarjana Bidang Senirupa Dan Desain, Bandung : Fakultas Seni Rupa Dan Desain (FSRD) ITB

Mukono, H., 2005, Toksikologi Lingkungan, Surabaya: Airlangga University Press.

Nurwidayanti, L., & Wahyuni, C. U., 2013, Analisis Pengaruh Paparan Asap Rokok di Rumah Pada Wanita Terhadap Kejadian Hipertensi, Jurnal Berkala Epidemiologi, Vol. 1, No. 2 , 244-253.

Pudjiastuti,dkk., 1998, Kualitas Udara dalam Ruang, Jakarta: Dirjen PT Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Rai, I., & Artana, I, 2009, Merokok dan Ketergantungan Nikotin pada Penduduk tenganan Pengrisingan, Karangasem, Bali, Jurnal Respirologi Indonesia, Vol. 29 No. 4 .

Tobacco Control and Support Center-IAKMI, 2014, Bunga Rampai – Fakta Tembakau dan Permasalahannya, Edisi V, Jakarta : Tobacco Control and Support Center-IAKMI




DOI: https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v5i1.1235

DOI (PDF): https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v5i1.1235.g1405

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2020 J-Dinamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-DINAMIKA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat terbit pertama kali bulan Juni 2016, dan diterbitkan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Redaksi J-DINAMIKA mengundang para penulis untuk mengirimkan jurnal hasil pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilaksanakan. Pendapat yang dimuat pada jurnal ini sepenuhnya merupakan pendapat penulis artikel atau tidak mencerminkan pendapat redaksi.