PENINGKATAN MINAT BELAJAR BAHASA INGGRIS BAGI SISWA MTS. RAUDLATUL ULUM KECAMATAN PANTI KABUPATEN JEMBER MELALUI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO CONVERSATION

Yuslaili Ningsih, Hariyono Rakhmad

Abstrak


Madrasah Tsanawiyah Raudlatul Ulum ini berada di Desa Suci, Kecamatan Panti ini merupakan lembaga pendidikan tingkat menengah pertama di bawah Yayasan Pendidikan Islam Raudlatul Ulum. MTs ini baru berdiri sekitar 2 tahun yang lalu sehingga pada tahun 2015 ini baru terdiri dari dua kelas paralel, yaitu kelas VII dan VIII saja. Dalam melaksanakan aktivitas kegiatan proses belajar mengajar, mengingat sekolah ini masih tergolong masih baru, maka sarana dan prasarana pembelajaran juga masih minim. Satu hal harapan dari pimpinan sekolah ini adalah bahwa sekolah ini menekankan prestasi pada bidang bahasa, baik bahasa Arab maupun bahasa Inggris. Namun, dalam pembekalan pendidikan bahasa masih terkendali dengan belum adanya laboratorium bahasa dan media pembelajaran, termasuk alat berupa multimedia projector.

Tujuan dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah memberikan sarana pendukung untuk media pembelajaran bahasa seperti alat audio video dan projector yang terjangkau dalam pelajaran bahasa Inggris, sehingga wawasan bahasa siswa menjadi lebih luas. Beberapa tahapan dalam pelaksanaan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah diawali dengan: (1) Studi pustaka; (2) Survei lapangan; (3) Desain dan pembuatan media pembelajaran; (4) Penyerahan alat dan pengarahan; (5) Memantau perkembangan (6) Evaluasi dan pelaporan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alam, Agus J. 2005. Video Editing untuk Pemula dan Profesional dengan Pinnacle Studi Plus 9.3. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Pannen, Paulina, dkk. 2005. Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Jakarta: PAUPPAI, Universitas Terbuka

Pribadi, Benny Agus dan Dewi Padmo Pribadi. 2005. Ragam Media dalam Pembelajaran. Jakarta: PAU-PPAI, Universitas Terbuka

Sadiman. 1990. Strategi Pembelajaran. Jakarta Timur: Bumi Aksara

Sianipar, Pandapotan. 2005. Cara Mudah Menguasai Video Editing dengan Adobe Premiere Pro. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Suparman, M. Atwi, dkk. 2005. Konsep Dasar Pengembangan Kurikulum. Jakarta: PAU-PPAI, Universitas Terbuka

Suyanto, M. 2003. Multimedia Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: Andi.

Vaughan, Tay. 2006. Multimedia: Making It Work. Edisi 6. Yogyakarta: Andi.

Wardani, IGAK. 2005. Dasar-dasar Komunikasi dan Keterampilan Dasar Mengajar. Jakarta: PAUPPAI, Universitas Terbuka

Winataputra, Udin S. 2005. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: PAU-PPAI, Universitas Terbuka




DOI: https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v1i1.130

DOI (PDF): https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v1i1.130.g136

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2016 J-Dinamika



J-DINAMIKA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat terbit pertama kali bulan Juni 2016, dan diterbitkan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Redaksi J-DINAMIKA mengundang para penulis untuk mengirimkan jurnal hasil pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilaksanakan. Pendapat yang dimuat pada jurnal ini sepenuhnya merupakan pendapat penulis artikel atau tidak mencerminkan pendapat redaksi.