PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI MADRASAH ALIYAH ANNURIYAH JEMBER

Enik Rukiati, Nila Susanti

Abstrak


Media pembelajaran merupakan satu hal yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran yang tepat mampu membawa pesanpesan atau informasi yang bertujuan instruksional atau mengandung unsur-unsur pendidikan untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan baik. Ketidakhadiran media pembelajaran dalam pembelajaran bahasa Inggris akan menyebabkan pencapaian tujuan kegiatan pembelajaran tidak tercapai secara maksimal. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran yang berupa materi pembelajaran bahasa Inggris yang di khususkan untuk meningkatkan keterampilan berbicara menggunakan metode jigsaw. Materi pembelajaran yang disusun sangat diperlukan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi mitra saat ini yaitu rendahnya kemampuan berbicara peserta didik yang ada di lokasi mitra. Metode pelaksanaan kegiatan dikelompokkan menjadi tiga tahapan yaitu tahap persiapan, pelaksanaan kegiatan dan tahap evaluasi. Materi pembelajaran disusun didasarkan pada standar isi, kebutuhan dan keinginan siswa serta kondisi peserta didik dan sekolah. Pembuatan materi pembelajaran dilakukan dengan mengadopsi dan memodifikasi materi-materi yang berasal dari beberapa media cetak dan internat. Hasil dari kegiatan ini adalah tersusunnya satu buku bahan ajar yang berisi kegiatan-kegiatan pembelajaran yang dapat dipakai oleh guru sebagai materi tambahan (supplementary materials) untuk mencapai tujuan pembelajaran keterampilan berbicara (speaking).


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Brown, H.D (1995). Principles of Language Learning and Teaching. New York. Longman.

Lie, Anita. (2004). Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperatif Learning diRuang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Richard, C, Jack. 1996. Teachers as Course Developers. Cambridge University Press.

Suyanto, K.K.E. 2007. English for Young Learner. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Tomlinson, B. 2001. Material Development. In R.Carter & D. Nunan (eds.), The Cambridge Guide to Teaching English to Speakersof Others Language (pp.66-71). Cambridge: Cambridge University Press.

______. 20I4. Kreatif. Bahasa Inggris Kelas XI Semester Gasal. Pegangan Guru. Solo: Viva Pakasindo




DOI: https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v1i1.131

DOI (PDF): https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v1i1.131.g137

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2016 J-Dinamika



J-DINAMIKA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat terbit pertama kali bulan Juni 2016, dan diterbitkan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Redaksi J-DINAMIKA mengundang para penulis untuk mengirimkan jurnal hasil pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilaksanakan. Pendapat yang dimuat pada jurnal ini sepenuhnya merupakan pendapat penulis artikel atau tidak mencerminkan pendapat redaksi.