KELOMPOK USAHA ROTI DI DESA PECALONGAN KECAMATAN SUKOSARI KABUPATEN BONDOWOSO

Wenny Dhamayanthi, Retno Sari Mahanani, Taufik Hidayat

Abstrak


Desa Pecalongan merupakan sentra Pengusaha roti yang masih sangat tradisional. Namun demikian dengan hasil produksi roti sampai saat ini masih belum dapat memenuhi keinginan pasar. Di samping itu produk roti merupakan produk yang tidak tahan lama sehingga diperlukan penanganan cepat dalam hal pemasaran sampai ke tangan konsumen. Di sisi lain, kebutuhan masyarakat untuk memperoleh tambahan penghasilan semakin mendesak sehingga perlu meningkatkan nilai tambah (value added) terhadap produk yang sudah ada.

Permasalahan yang dihadapi Kelompok Usaha roti manis Desa Pecalongan Kecamatan Sukosari Kabupaten Bondowoso adalah sebagai berikut: 1) Pengusaha roti manis di Desa Pecalongan belum dapat memenuhi permintaan pasar, karena kapasitas alat yang dimiliki masih kurang. 2) Pengusaha roti manis di Desa Pecalongan masih kurang cakap dalam hal pengemasan produk olahan roti beserta pemasarannya.

Solusi yang ditawarkan a) Menyadarkan para pengusaha roti manis untuk bisa membaca peluang di sekelilingnya, b) Meningkatkan pengetahuan cara berproduksi roti yang benar kepada para pengusaha roti yang dominan belum punya keahlian sebagai pengusaha roti, c) Mengubah pola pikir tradisional tentang wirausaha yang ada dengan dilakukannya pelatihan, penyuluhan dan demonstrasi produksi roti sampai dengan pengemasan dan pemasarannya, d) Menyediakan bantuan alat kemasan dan pengembang roti untuk dipergunakan sebagai peningkatan kualitas hasil produksi.

Luaran kegiatan IbM ini adalah peserta mempunyai kemampuan berwirausaha di bidang roti terkait dengan kompetensi teknis dan kompetensi manajerialnya. Kompetensi teknis meliputi pengetahuan dan keterampilan yang harus dimiliki tenaga kerja dalam berwirausaha roti sehingga menghasilkan produk roti yang berkualitas. Kompetensi manajerial meliputi pengetahuan dan keterampilan tenaga kerja terkait perencanaan usaha, mengatasi resiko usaha, komunikasi, membangun jaringan, dan evaluasi usaha.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Boseman, Glenn dan Phatak. 1989. Strategic Management: Text and Cases. Second Edition. John Willey and Sons., Inc. Singapore

Kotler, Philip. 1992. Manajemen Pemasaran: Terjemahan Jaka Wasana. Penerbit Erlangga (Anggota IKAPI). Jakarta.

Miner, J.B. dan Steiner, G.A. 1988. Kebijaksanaan dan Strategi Manajemen Pemasaran: Terjemahan Ticoalu dan Agus Dharma. Penerbit Erlangga (Anggota IKAPI). Jakarta.

Porter, Michael. E. 1992. Strategi Bersaing: Terjemahan Jaka Wasana. Penerbit Erlangga (Anggota IKAPI). Jakarta.

Teken, I.B. 1992. Tataniaga Pertanian. Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian. Instritut Pertanian Bogor (IPB) Bogor.




DOI: https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v1i1.136

DOI (PDF): https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v1i1.136.g132

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2016 J-Dinamika



J-DINAMIKA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat terbit pertama kali bulan Juni 2016, dan diterbitkan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Redaksi J-DINAMIKA mengundang para penulis untuk mengirimkan jurnal hasil pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilaksanakan. Pendapat yang dimuat pada jurnal ini sepenuhnya merupakan pendapat penulis artikel atau tidak mencerminkan pendapat redaksi.