Peningkatan Pengelolaan Keuangan UKM Keripik Pisang di Kabupaten Tulungagung Melalui Sistem Keuangan Berbasis Microsoft Acces

Arief Rizki Fadhillah, Dadang Hermawan

Abstrak


Sistem pengelolaan keuangan berbasis komputer menjadi hal yang mendesak, sehingga dapat membantu para UKM dalam menjalankan usaha dengan pengelolaan keuangan yang mudah dan baik. Salah satunya adalah UKM Ramesta yang masih menggunakan sistem manajemen tradisional, sehingga belum memiliki sistem pengelolaan keuangan yang memenuhi standar sesuai kaidah akuntansi. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi oleh UKM Ramesta maka perlu adanya pelatihan kepada mitra UKM tentang pengelolaan keuangan berbasis Berbasis Microsoft Acces menggunakan software Cashflow Simplebook. Tujuan dari kegiatan ini adalah UKM mengalami peningkatan kinerja dan daya saing usaha. Metode pelaksanaan dalam penyelesaian permasalahan pada mitra UKM Ramesta, antara lain : identifikasi masalah, solusi permasalahan, diskusi tim pelaksana dan mitra UKM Ramesta, pelatihan sistem pengelolaan keuangan UKM berbasis Microsoft Acces, evaluasi penggunaan software cashflow simplebook terhadap pengelolaan keuangan UKM. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah peningkatkan kemampuan serta pengetahuan mitra UKM Ramesta dalam mengelola sistem keuangan, penggunaan aplikasi Cashflow Simplebook membantu UKM Ramesta dalam menyusun laporan keuangan yang lebih baik dan transparan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


R. K. Hapsari, A. W. Azinar, and Sugiyanto, 2016, “Perancangan dan Pengembangan Pengelolaan Keuangan UMKM Berbasis Sistem Informasi,” in Prosiding Seminar Nasional Teknologi Terapan (SNTT) SV UGM 2016, 2016, November, pp. 106–209.

Z.Puspitaningtyas, 2017,“Pembudayaan pengelolaan keuangan berbasis akuntansi bagi pelaku usaha kecil menengah,” J. Akunt., vol. XXI, no. No. 3, pp. 361–372.

M. Alteza, 2012, “Manajemen Keuangan Praktis Bagi UMKM” .

M. Hasyim and R. S. Subur,2014,“Pelatihan manajemen keuangan pada pelaku usaha toko kelontong dusun puluhan, desa banyusidi, pakis, magelang, jawa tengah,” J. Inov. dan Kewirausahaan, vol. 3, no. 2, pp. 134–140.

D. R. Taufani, 2009, Mengolah Data dengan Microsoft Office Acces 2007. Bandung: Microsoft User Group Indonesia.

A. Nasution, “CASHFLOW Simplebook,” 7 Pilar. [Online]. Available: http://simplebook.weebly.com/. [Accessed: 06-Dec-2016].




DOI: https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v5i1.1388

DOI (PDF): https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v5i1.1388.g1412

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2020 J-Dinamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-DINAMIKA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat terbit pertama kali bulan Juni 2016, dan diterbitkan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Redaksi J-DINAMIKA mengundang para penulis untuk mengirimkan jurnal hasil pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilaksanakan. Pendapat yang dimuat pada jurnal ini sepenuhnya merupakan pendapat penulis artikel atau tidak mencerminkan pendapat redaksi.