Budidaya Terpadu Ikan dan Sayuran melalui Metode Akuaponik Di Desa Serut Kecamatan Panti Kabupaten Jember

Parawita Dewanti, Sigit Soepardjono, Didik Pudji Restanto, Bambang Sugiharto

Abstrak


Abstrak

Sosialisasi dan praktek usaha hidroponik sudah dilakukan melalui posdaya yang dibentuk oleh Lembaga Pengabdian Universitas Jember di Dusun Karang Anom desa Serut Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Desa Serut dipilih sebagai target pada program pengembangan desa mitra karena mempunyai potensi tinggi untuk pengembangan sayuran hidroponik ditinjau dari lokasi, kepedulian dan kemandirian masyarakatnya serta mempunyai jiwa kewirausahaan. Disisi lain, hasil observasi ditemukan pula sebagian penduduk di Dusun Karang Anom desa Serut Kecamatan Panti memiliki usaha budidaya ikan yang sudah berjalan beberapa tahun terakhir. Upaya Budidaya terpadu sayuran dan ikan melalui metode Akuaponik diharapkan menghasilkan 2 produk sekaligus dalam satu kali proses produksi, sehingga akan diperoleh produk yang bermanfaat bagi masyarakat setempat dan masyarakat secara luas untuk penenuhan pangan dan gizi keluarga.Target yang diharapkan adalah agar anggota kelompok mitra memiliki kemampuan dan ketrampilan dalam mengelola budidaya terpadu ikan dan sayuran dalam satu kali proses produksi. Oleh karena itu diperlukan sarana dan prasarana yang memadai sehingga kelompok mitra dapat memanfaatkan teknologi akuaponik. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa terjadi respon positif dari anggota kelompok mitra yang ditunjukkan oleh antusias peserta dalam mengikuti serangkaian pelatihan dari awal sampai selesai. Telah diperoleh hasil produk dalam satu kali produksi akuaponik per bulan akan menghasilkan ikan lele sebanyak 50 kg dan sayuran 40 kg. Untuk 3 unit kolam ikan akan dihasilkan ikan lele 150 kg dan 120 kg sayuran dalam waktu 3 bulan.

 

Keywords— akuaponik, ikan lele, sayuran, hidroponik

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dewanti, P., S. Kamalia, K.A. Wijaya dan S. Hartatik. 2018. Utilization of yard for vegetable hydroponics in Serut Village, Panti Sub-District, Jember District. Asian Journal Of Innovation and Entrepreneurship. Volume. 03, Issue. 01

Effendi, H., B. A. Utomo, G. M. Darmawangsa, dan R. E. Karo-Karo. 2015. Fitoremediasi Limbah Budidaya Ikan Lele (Clarias sp.) dengan Kangkung (Ipomoea Aquatica) Dan Pakcoy (Brassica rapa chinensis) dalam Sistem Resirkulasi. Ecolab, 9(2) : 47-104.

Graber A and R Junge. 2009. Aquaponic Systems: Nutrient Recycling from WasteWater by Vegetable Production.Institute for Natural Resource Sciences Gruental. Waedenswil, Switzerland. Desalination, 246, 147 156.

Lingga, P. 2005. HIDROPONIK: Bercocok Tanam Tanpa Tanah. Penebar Swadaya. 80 hlm Jakarata.

Nugroho, R.A., L.T. Pambudi, Diana C., dan A.H.C. Haditomo. 2012. Aplikasi Teknologi Aquaponic padaBudidaa Ikan Air Tawar untuk Optimalisasi Kapasitas Produksi. Jurnal Saintek Perikanan. 08(1) : 46-50.

Putra, Iskandar dan N. Ayu Pamungkas. 2011. Pemeliharaan Ikan Selais (Ompok sp) dengan Resirkulasi Sistem Akuaponik. Perikanan dan Kelautan, 16(1) : 125-131.

Rokhmah, N. A., C. S. Ammatillah, dan Y. Sastro. 2014. Vertiminaponik, Mini Akuaponik untuk Lahan Sempit di Perkotaan. Buletin Pertanian Perkotaan, 4(2) : 14-22.

Saptarini, P. 2010. Efektivitas Teknologi Akuaponik dengan Kangkung Darat (Ipomoea reptans) terhadap Penurunan Amonia pada Pembesaran Ikan Mas. [Skripsi]. Departemen MSP FPIK IPB. Bogor. 69 hlm.

Setijaningsih, L dan C. Umar. 2015. Pengaruh Lama Retensi Air terhadap Pertumbuhan Ikan Nila (Oreochromis niloticus) pada Budidaya Sistem Akuaponik dengan Tanaman Kangkung. Berita Biologi, 14(3) : 267-275.

Sungkar, M. 2015. Akuartiaponik Ala Mark Sungkar. Jakarta. Agromedia Pustaka

Surnar, S. R., Sharma, O. P., and Saini, V. P. 2015. Aquaponics: Innovative farming.International Journal of Fisheries and Aquatic Studies, 2(4): 261-263.




DOI: https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v5i1.1398

DOI (PDF): https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v5i1.1398.g1413

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2020 J-Dinamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-DINAMIKA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat terbit pertama kali bulan Juni 2016, dan diterbitkan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Redaksi J-DINAMIKA mengundang para penulis untuk mengirimkan jurnal hasil pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilaksanakan. Pendapat yang dimuat pada jurnal ini sepenuhnya merupakan pendapat penulis artikel atau tidak mencerminkan pendapat redaksi.