Pelatihan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis IT Bagi Guru MI

arfatin nurrahmah, Abdul Karim, Huri Suhendri

Abstrak


Kegiatan Pelatihan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis IT Bagi Guru MI ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan guru untuk menguasai konsep-konsep matematika dengan baik sehingga mampu menyajikan materi dengan menarik serta meningkatkan kemampuan guru memanfaatkan teknologi dalam media pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan bagi peserta didik. Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan gambaran yang jelas bagi guru di sekolah mitra mengenai perencanaan penerapan model pembelajaran project based learning dan penerapan model pembelajaran berbasis IT menggunakan camtasia studio dalam meningkatkan motivasi guru maupun peserta didik dalam proses pembelajaran di kelas. Peserta dalam kegiatan pelatihan ini adalah seluruh guru MI El-Syifa dan beberapa perwakilan guru di sekitar MI El-Syifa seperti MI Nurusa’adah, MI Sir Banar dan MI Sirojul Athfal. Metode pelaksanaan kegiatan pelatihan ini antara lain ialah observasi, diskusi dan simulasi. Metode observasi dilakukan untuk mendapatkan informasi mengenai pembelajaran yang biasa dilakukan di lingkungan mitra, sehingga didapatkan data berupa keadaan sekoah, suasana kelas dan situasi pembelajaran. Metode diskusi dilakukan agar didapatkan solusi dari permasalahan yang ditemukan selama observasi. Metode simulasi dilakukan untuk memberikan contoh penerapan model pembelajaran project based learning dan perancangan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis IT yaitu camtasia studio.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Darmawan, H., 2016. Pembelajaran Berbasis Konstruktivisme Menggunakan Media Animasi dengan Kerangka Kerja TPCK dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Formatif Vol 6 (1) (pp.1-10).

Mulyasa, E, 2007. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Setyono, 2007. Mathemagics Cara Jenius Belajar Matematika. PT.Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Widyantini, T., 2014. Penerapan Model Project Based Learning (Model Pembelajaran Berbasis Proyek) dalam Materi Pola Bilangan Kelas VII. Artikel: PPPPTK Matematika.




DOI: https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v5i1.1399

DOI (PDF): https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v5i1.1399.g1399

Refbacks



Copyright (c) 2020 J-Dinamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-DINAMIKA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat terbit pertama kali bulan Juni 2016, dan diterbitkan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Redaksi J-DINAMIKA mengundang para penulis untuk mengirimkan jurnal hasil pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilaksanakan. Pendapat yang dimuat pada jurnal ini sepenuhnya merupakan pendapat penulis artikel atau tidak mencerminkan pendapat redaksi.