PEMBERDAYAAN KADER POSYANDU SEBAGAI KONSELOR PMBA DENGAN INOVASI SOLUSI KEPADA IBU BALITA TERHADAP PERMASALAHAN PEMBERIAN MAKANAN BAYI DAN ANAK

dewi ngaisyah

Abstrak


 

Dusun Tamanan Pabrik terletak di Desa Tamanmartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan luas wilayah 6 Ha 980 m. Dusun Tamanan Pabrik memiliki 5 Rukun Tetangga (RT) dan 2 Rukun Warga (RW). Jumlah Penduduk Dusun Tamanan Pabrik adalah 563 orang dengan penduduk laki-laki sebanyak 282 orang dan penduduk perempuan sebanyak 281 orang. Mata pencaharian sebagian besar sebagai petani. Dusun Tamanan Pabrik memiliki masalah malnutrisi balita. Masalah malnutrisi yang ditemukan meliputi masalah gizi kurang 2 anak (6.9 %), kurus 4 anak (13.8%) dan stunting 1 anak (3.44)%.

Prasarana kesehatan yang dimiliki Dusun Tamanan Pabrik adalah Posyandu yang diberi nama “Posyandu Melati”, posyandu tersebut pada tingkatan madya dan dikelola oleh 5 orang kader posyandu. Posyandu Melati memiliki kegiatan lebih dari 8 kali pertahun. Permasalah gizi yang ada disebabkan karena pola pemberian makanan balita.  

Selama ini PMBA yang biasa diberikan oleh ibu balita masih tergolong belum tepat. Ditemukan masih banyaknya ibu balita yang memberikan PMBA berupa makanan olahan atau makanan kemasan komersial. Makanan olahan memiliki kelemahan yakni mengandung zat tinambah seperti flavor dan pewarna makanan serta bahan buatan yang kurang baik untuk kesehatan balita. Kegiatan pengabdian masyarakat ini akan memberikan solusi dari permasalahan yang dihadapi Dusun Tamanan Pabrik, Tamanmartani, Sleman, Yogyakarta. 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Direktorat Bina Gizi KEMENKES, 2014. Modul Konseling Pemberian Makan Bayi dan Anak.

Dinkes Kabupaten Sleman (2018), Profil Kesehatan Kabupaten Sleman Tahun 2018.

PKBGM (2014), Proyek Kesehatan Dan Gizi Berbasis Masyarakat (PKGBM) Untuk Mencegah Stunting. Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Masyarakat.

Kemenkes RI (2012) Kerangka Kebijakan Gerakan Sadar Gizi Dalam Rangka Seribu Hari Pertama Kehidupan. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Balitbang Kemenkes RI (2013).

Kementerian Kesehatan RI (2010). Peraturan Menteri Kesehatan RI

Nomor: 1995/MENKES/XII/SK/XII/2010 tentang Standar Antropometri

Penilaian Status Gizi Anak. Direktorat Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak Jakarta.

Nabuasa, C.D.M, Juffrie, Emy, H (2016) Riwayat Pola Asuh, Pola Makan, Asupan Zat gizi berhubungan dengan stunting pada Anak 24-59 Bulan di Biboki Utara Timur Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur. Jurnal Gizi dan Dietetika Indonesia. Vol 1 No 3.

Ni’mah, K., Siti, R, N (2015) Faktor yang berhubungan dengan kejadian Stunting pada Balita. Jurnal Media Gizi Indonesia, Vol 10 No 1.




DOI: https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v5i1.1415

DOI (PDF): https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v5i1.1415.g1416

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2020 J-Dinamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-DINAMIKA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat terbit pertama kali bulan Juni 2016, dan diterbitkan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Redaksi J-DINAMIKA mengundang para penulis untuk mengirimkan jurnal hasil pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilaksanakan. Pendapat yang dimuat pada jurnal ini sepenuhnya merupakan pendapat penulis artikel atau tidak mencerminkan pendapat redaksi.