Pelatihan Diversifikasi Olahan Pisang dan Singkong Bagi Kelompok Wanita Tani “Mulya Abadi” Kabupaten Kubu Raya

Sri Syabanita Elida, Saniah Saniah, Iwan Rusiardy, Ledy Purwandani, Fenny Imelda

Abstrak


Abstract

Kelompok Wanita Tani “Mulya Abadi” Dusun Karya Mulya merupakan kelompok wanita tani yang baru terbentuk di Dusun Karya Mulya selama kurang lebih 2 bulan yang merupakan binaan dari FORHATI Kubu Raya, sehingga masih sangat kekurangan informasi pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pertanian, khususnya dalam membuat ragam olahan komoditas unggulan daerah, diantaranya: pisang dan ubi kayu (banana and cassava flour). Selain itu, juga ditambah dengan kurangnya wawasan dalam bidang manajemen dan kewirausahaan, sehingga pelaksanaan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) menjadi penting dilakukan. Tujuan dari kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) adalah untuk memberdayakan kelompok wanita tani Dusun Karya Mulya sebagai kelompok wanita tani yang baru terbentuk melalui pelatihan pengolahan diversifikasi olahan pisang dan ubi kayu sebagai komoditas lokal menjadi produk olahan yang bergizi dan bernilai jual serta pelatihan membangkitkan semangat berwirausaha dalam mengembangkan produk olahan nantinya. Pada pelatihan Teknologi Tepat Guna (TTG) pengolahan pisang dan ubi kayu, mitra mampu menghasilkan beragam kuliner baru seperti tepung, cupcake, brownies, dan mie yang memiliki nilai ekonomis. Mitra juga mampu mengemas produk yang dihasilkan dengan baik. Selain itu, mitra mampu membuat pembukuan untuk usaha kecil dan mempunyai kemampuan dalam mengembangkan semangat kewirausahaan dan cara menjual dipasaran.


 

Keywords - diversifikasi, forhati, pisang, singkong, wanita tani




Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Azis, A., Miftah, H., dan Arsyad, A. 2017. Analisis Nilai Tambah dan Marjin Pemasaran Pisang Menjadi Olahan Pisang (Studi Kasus pada Industri Kecil "Srikandi") di Kelurahan Dangdeur Kecamatan Subang Kabupaten Subang Jawa Barat. Jurnal AgribiSain. ISSN 2250-1151. 3(1) Hal 55-66.

BPS. 2016.Kabupaten Kubu Raya dalam Angka 2016. Badan Pusat Statistik Kabupaten Kubu Raya.

Ginting, E., Utomo, J.S., dan Yulifianti, R. 2015.Produk Olahan Aneka Umbi (Ubi Kayu, Ubi Jalar, Garut, Ganyong, Suweg, Kimpul,Talas). Malang: Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi.

Lakitan, B. 2014. Identifikasi Teknologi yang Relevan untuk Mendukung Diversifikasi Usaha Pe(tani) dan Diversifikasi Konsumsi Pangan Indonesia. Teknovasi Indonesia. 3(1) Hal 49-61.

Lukiastuti, F., 2012. Pengaruh Orientasi Wirausaha dan Kapabilitas Jejaring Usaha Terhadap Peningkatan Kinerja UKM dengan Komitmen Perilaku Sebagai Variabel Interviening. Jurnal Organisasi dan Manajemen. 8(2). Hal. 155-175.

Miller, D,. & Friesen, P.H. 1983. Strategy making and environment. The third link. Strategic Management Journal, (4), 221-235.

Nugrohowati, R.N.I., dan Hasanah, L.L.N.E.2016. Strategi Peningkatan Perekonomian Masyarakat Melalui Diversifikasi Produk Makanan Olahan Buah Jambu Mete Sebagai Basis Produk Unggulan Kabupaten Wonogiri.Universitas Islam Indonesia.

Prosiding Seminar Nasional dan Call For Paper

Rahayu, D.S., Zueni, A. 2014. Variasi Komposisi Bahan Baku Terhadap Mutu Organoleptik Mie Tepung Pisang. Agritepa .1(1) Hal 84-91.

Setyowati, N. 2012. Analisis Potensi Agroindustri Olahan Singkong di Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan. 1(3). Hal 179-185.

Suismono, dan Hidayah, N. 2011. Pengembangan Diversifikasi Pangan Pokok Lokal. PANGAN. 20(3). Hal 295-314.

Widowati, S. 2011. Diversifikasi Konsumsi Pangan Berbasis Ubi Jalar. PANGAN. 20(1). Hal. 49-61.




DOI: https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v5i1.1449

DOI (PDF): https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v5i1.1449.g1406

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2020 J-Dinamika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-DINAMIKA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat terbit pertama kali bulan Juni 2016, dan diterbitkan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Redaksi J-DINAMIKA mengundang para penulis untuk mengirimkan jurnal hasil pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilaksanakan. Pendapat yang dimuat pada jurnal ini sepenuhnya merupakan pendapat penulis artikel atau tidak mencerminkan pendapat redaksi.