IPTEKS BAGI MASYARAKAT KELOMPOK TANI PRODUKSI PESTISIDA NABATI KARANGMELOK, KECAMATAN TAMANAN, BONDOWOSO

Hariyono Rakhmad, Triono Bambang Irawan

Abstrak


IbM Produksi Pestisida Nabati ini dilaksanakan di Kelompok Tani Karya Tani I dan Kelompok Tani Karya Tani II Desa Karang Melok Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso. Solusi yang ditawarkan dalam Program IbM ini yaitu: (i) merancang Prosedur Operasi Standar pembuatan pestisida nabati yang berasal dari ekstrak akar, daun dan batang tanaman; (ii) membuat modul Pengendalian Hama dan Penyakit Terpadu; (iii) Buku Kerja Praktek Petani: beberapa macam pestisida nabati untuk OPT; (iv) pelatihan produksi pestisida nabati; (v) aplikasi hasil produksi pestisida nabati ke tanaman produksi di areal sawah milik kelompok tani; (vi) membuat desain produk pestisida nabati yang diproduksi oleh kelompok tani; (vii) evaluasi dan pendampingan hasil aplikasi pestisida nabati untuk tanaman padi.
Target luaran dari kegiatan Program IbM Kelompok Tani Produksi Pestisida Nabati Desa Karangmelok, Kecamatan Tamanan, Bondowoso adalah: (i) Modul Pengendalian Hama Terpadu sebagai Sistem Perlindungan Tanaman Padi, Palawija dan Sayuran; (ii) Buku Kegiatan Praktek Petani: Pestisida Nabati Wereng Coklat, Xanthomonas camprestis, Penyakit Tungro, Penggerek Batang Padi (Sundep), Lalat Bibit dan Bulai; (iii) Produk Pestisida Nabati untuk Padi, Palawija dan Sayuran, kapasitas 5 liter/hari; (iv) Unit Produksi Pestisida Nabati di masing-masing kelompok tani Karya Tani I dan Karya Tani II.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fajar Lestari, 2012. Pestisida Nabati Sebagai Alternatif Pengganti Pestisida Kimia Sintetik. Balai Penelitian Kehutanan. Banjarbaru.

Haryono, 2011. Konsep dan Strategi Penelitian dan Pengembangan Pestisida Nabati. Kepala Badan Penelitian dan pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian. Seminar Nasional Pesnab IV 15 Oktober 2011. Jakarta.

Laila Nur Milati dan Nunung Ambarwati. 2011. Resep-Resep Insektisida Botani Yang Efektif Untuk Berbagai Jenis Hama Tanaman Padi. Agroteknologi. Fakultas Pertanian. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Muhammad Sarjan, 2008. Potensi Pemanfaatan Insektisida Nabati Dalam Pengendalian Hama Budidaya Sayuran Organik. Program Studi Hama dan Penyakit Tumbuhan, Fakultas Pertanian Universitas Mataram, Jl. Pendidikan Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Samsudin. 2014. Pengendalian Hama dengan Pestisida Nabati. Pertanian Sehat Indonesia. Bogor.

Tien Aminatun, dkk. 2013. Workshop Pembuatan Pestisida Nabati Yang Ramah Lingkungan Bagi Petani–Petani di Kecamatan Berbah kabupaten Sleman. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jogjakarta


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


J-DINAMIKA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat terbit pertama kali bulan Juni 2016, dan diterbitkan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Redaksi J-DINAMIKA mengundang para penulis untuk mengirimkan jurnal hasil pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilaksanakan. Pendapat yang dimuat pada jurnal ini sepenuhnya merupakan pendapat penulis artikel atau tidak mencerminkan pendapat redaksi.