PEMANFAATAN FITUR PROOFING, AUTO CORRECT, DAN AUTO FORMAT PADA APLIKASI OFFICE DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PRIMA PADA LEMBAGA PELATIHAN KOMPUTER

Wahyu Kurnia Dewanto, Moh. Munih Dian Widianta

Abstrak


Lembaga Metronet Mandiri di Ambulu ini adalah sebuah usaha kursus komputer dan jasa pengetikan bagi masyarakat dan siswa sekolah sekitar. Dalam operasionalnya memiliki beberapa masalah antara lain: (1) Bagaimana meningkatkan pelayanan jasa pengetikan dan cetak dokumen; (2) Bagaimana meningkatkan kemampuan karyawan/instruktur dalam memaksimalkan fitur proofing pada aplikasi komputer sehingga dapat memeriksa ejaan yang baik dan benar sesuai dengan EYD yang telah ditetapkan.
Melalui kegiatan pengabdian masyarakat pada lembaga ini diharapkan dapat: (1) Meningkatnya efektivitas kerja para instruktur dan karyawan; (2) Memberikan kepuasan karena dilayani dengan cepat dan prima; (3) Memaksimalkan fitur yang ada pada aplikasi Office; (4) Meningkatkan pendapatan lembaga ini.
Luaran dari kegiatan PPM ini adalah: (1) Membuat sebuah file add on yang kemudian ditanam pada aplikasi Office yang ada pada komputer; (2) Membuat beberapa file (dictionary kosa kata Bahasa Indonesia) yang dibutuhkan oleh aplikasi Office dalam memaksimalkan fasilitas proofing sehingga dapat dengan cepat dan otomatis akan memeriksa kosa kata sehingga proses edit dokumen dapat dilakukan dengan lebih cepat (3) Pemanfaatan fitur autocorrect dan autoformat sebagai media untuk proses editing dokumen secara cepat dan tepat.
Metode yang dilakukan antara lain: (1) Survei lapangan; (2) Pembuatan Add On Office; (3) Uji Coba dan Instalasi serta penyerahan; (4) Memantau perkembangan dan evaluasi. Hasilnya adalah diketahui peran mitra secara aktif mengikuti dengan seksama petunjuk penggunaan fitur yang ada pada aplikasi Office tersebut yang setelah diserahterimakan oleh tim pelaksanaan program Pengabdian Kepada Masyarakat kepada mitra. Kemudian peserta atau mitra pengabdian ini mengoperasikan add on tersebut di tempat kerja.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anisyah, 2000. Konsep Dasar Aplikasi dan Pemrograman Java. Yogyakarta: Penerbit Andi

Ben M. Schorr. 2007. The Lawyer’s Guide do Microsoft Word 2007. http://ababooks.org

Davis, Guy Hart dan Ty Anderson. 2010. Beginning Microsoft Word 2010. USA: Appress.

Jogiyanto, H. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi Edisi III. Yogyakarta: Andi.

Habraken, Joe. 2002. 10 Minutes Guide do Microsoft Word 2002. USA: Que.

Pinard, Morisson. 2011. Microsoft Word Complete. Boston: Course Technology

Purnomo, Catur Hadi, 2007. 117 Tip dan Trik Microsoft Office 2007. Jakarta: Mediakita

Kurnaiwan, Yahya. 2010. Belajar Sendiri Microsoft Office Word 2010. Jakarta: Elex Media Komputindo

Seft Learning, 2014. Cara Ketik dan Edit Kata dengan Fungsi Autocorrect pada Microsoft Office Word. http://www.rumusexcellengkap.com/2014/01/mengedit-kata-dengan-autocorrect-dalam.html

Supriyanto, D. dan Agustina, R.2012. Pemrograman Aplikasi Android. Jakarta: PT. Buku Seru




DOI: https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v1i2.287

DOI (PDF): https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v1i2.287.g272

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2016 J-Dinamika



J-DINAMIKA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat terbit pertama kali bulan Juni 2016, dan diterbitkan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Redaksi J-DINAMIKA mengundang para penulis untuk mengirimkan jurnal hasil pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilaksanakan. Pendapat yang dimuat pada jurnal ini sepenuhnya merupakan pendapat penulis artikel atau tidak mencerminkan pendapat redaksi.