Upaya Pengadaan Air Bersih Bagi Kelompok Usaha Bersama Nelayan Pantai Boom Di Kelurahan Kepatihan Kabupaten Banyuwangi

Mochammad Nuruddin, Yuana Susmiati

Abstrak


Air minum merupakan kebutuhan pokok manusia. Secara ideal penyediaan air minum yang memenuhi syarat hendaknya menjamin kualitas, kuantitas serta kontinuitas. Kelompok Usaha Bersama (KUB) nelayan pantai boom yang terletak di kelurahan kepatihan kabupaten Banyuwangi berada dalam kesulitan pemenuhan air bersih. Kegiatan yang dilakukan pada program pengabdian masyarakat ini adalah memberikan solusi untuk pengadaan air bersih dengan menggunakan alat desalinasi air laut menjadi air tawar. Alat desalinasi ini merupakan alat yang sederhana dan ramah lingkungan karena menggunakan tenaga matahari sehingga sesuai untuk diterapkan pada masyarakat. Hasil pengujian yang telah dilakukan menggunakan air laut sebanyak 10 liter didapatkan hasil distilat kurang lebih 300 mL air tawar.  Hasil uji kualitas air yang dilakukan menyatakan bahwa air distilat yang dihasilkan layak dikatakan sebagai air bersih berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan No. 416 tahun 1990 tentang persyaratan kualitas air bersih.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Affandi, K., Sutopo, P.F., A. Baheramsyah. 2014. Studi Eksperimental Sistem Kondensasi Uap Hasil Evaporasi pada Sistem Desalinasi Tenaga Matahari. Jurusan Teknik Sistem Perkapalan. Institut Teknologi Surabaya.

Darpito, H. dkk. 1996. Kualitas dan Penanganan Penyediaan Air Bersih di Desa-desa Pantai di Indonesia. Seminar Nasional Pengelolaan Sumberdaya Air di Indonesia 1996. ITB. Bandung.

Departemen Kesehatan RI. 1997. Pedoman Penggunaan dan Pemeliharaan Saran Penyediaan Air Bersih Penyehatan Lingkungan Pemukiman Jakarta. Jakarta.

Handayani, N., T.F. Nugroho, dan S.P. Fitri. 2014. Analisa Kerja Termal Solar Apparatus Panel pada Alat Destilasi Air Payau dengan Sistem Evaporasi Uap Tenaga Matahari Menggunakan CFD. Jurnal Teknik POMITS Vol. 3, No. 2, 2014. ISSN : 2337-3539 (2301-9271 Print).

Hidayat, R.R. 2011. Rancang Bangun Alat Pemisah Garam dan Air Tawar Dengan Menggunakan Energi Matahari. Skripsi. Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Institut Pertanian Bogor.

Rahmat Hartono. 1991. Distilator Tenaga Surya dengan Kolektor Berpori. Skripsi. Jurusan Mesin ITB. Bandung.

Said, N.S. 2010. Teknologi Pengelolaan Air Minum. Pengelolaan Payau Menjadi Air Minum Dengan Teknologi Reverse Osmosis. BPPT.

Sutrisno, C. T., dkk. 2004. Teknologi Penyediaan Air Bersih. Jakarta : Rineka Cipta.

Yunus, Ida Yuniarti. 1999. Pengolahan Air Laut dengan Distilator Surya Atap Kaca. Departemen Pekerjaan Umum. Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat penelitian dan Pengembangan Pemukiman. Bandung.




DOI: https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v2i1.443

DOI (PDF): https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v2i1.443.g379

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2017 J-Dinamika



J-DINAMIKA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat terbit pertama kali bulan Juni 2016, dan diterbitkan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Redaksi J-DINAMIKA mengundang para penulis untuk mengirimkan jurnal hasil pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilaksanakan. Pendapat yang dimuat pada jurnal ini sepenuhnya merupakan pendapat penulis artikel atau tidak mencerminkan pendapat redaksi.