Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Pramuwisata di Desa Wisata Organik Lombok Kulon Bondowoso

Enik Rukiati, Nila Susanti

Abstrak


Pengembangan media pembelajaran bahasa inggris untuk pramuwista di desa wista organik Lombok Kulon, Bondowo merupakan suatu kebutuhan nyata yang harus dialakukan untuik menjawab kebutuhan akan materi pembelajaran bahasa inggris yang mampu meningkatkan kemampuan berkomunikasi (communication competence) bagi anak-anak desa sebagai calon pramuwista di desa wisata Organik lombok kulon. Media pembelajaran dikembangkan dengan melalui beberapa tahapan yaitu  1). Analisa kebutuhan,  2). merumuskan tujuan pembelajaran, 3). menyusun materi  4). menentukan metode 5). merumuskan alat evaluasi. Materi yang disusun diujicobakan kepada para calon pramuwisata melalui kegiatan pelatihan bahasa Inggris dalam wadah English club yang ada di desa Wisata Organik Lobok Kulon. Dari kegiatan ini diperoleh respon dan masukan masukan positif terhadap kegiatan pengabdian yang diadakan. 

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Crystal, D. 2003. English as a Global Language Second Edition. Cambridge. Cambridge University Press.

Nuryanti, Wiendu. 1993. Concept, Perspective, and Challanges. Gajah Mada University Press. Yogyakarta.

Richards, J.C., Platt,J., & Platt,H. (1992). Dictionary of Language Teaching and applied linguistics. UK. Longman Publishing Group.

Ricahrds, J.C, & Rogers, T.s. (2001). Approaches and Methods in Language Teaching. Cambridge. Cambridge University Press.




DOI: https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v2i1.445

DOI (PDF): https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v2i1.445.g383

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2017 J-Dinamika



J-DINAMIKA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat terbit pertama kali bulan Juni 2016, dan diterbitkan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Redaksi J-DINAMIKA mengundang para penulis untuk mengirimkan jurnal hasil pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilaksanakan. Pendapat yang dimuat pada jurnal ini sepenuhnya merupakan pendapat penulis artikel atau tidak mencerminkan pendapat redaksi.