Penerapan Teknologi Produksi Bersih (Cleaner Production) Untuk Peningkatan Produktivitas Dan Kualitas Kacang Oven Pada Agroindustri “Ud. Rajawali” Kabupaten Jember

- Sumadi, Didiek Hermanuadi

Abstrak


Dewasa ini perkembangan Agroindustri kacang oven semakin meningkat, selaras dengan kebutuhan konsumsi kacang di masyarakat yang juga mengalami peningkatan. Agroindustri kacang oven merupakan suatu sub sistem agribisnis yang terkait dengan sub sistem yang lain. Mulai dari sub sistem on farm production, pedangan pengumpul (juragan kacang tanah), sub sistem pemasaran (salesman), dan industry pengemasan dan transportasi. Sub sistem tersebut terintegrasi dalam sustu sistem usaha UD”RAJAWALI” Desa Panti, Kecamatan Panti Kabupaten Jember.
Persoalan di lapangan menunjukkan bahwa UKM Mitra mengalami hambatan dalam penyediaan bahan bakar arang kayu yang semakin mahal dan langka sehingga mengganggu kelancaran usaha dan menambah beban biaya produksi. Disamping itu, seiring dengan tuntuntan produksi bersih (cleaner production) maka tuntutan mengkonversi arang kayu ke gas LPG sudah menjadi kebutuhan yang sangat mendesak agar dihasilkan produk yang lebih berkualitas dan aman dikonsumsi serta berdampak negatif terhadap lingkungan.
Melihat prospektif agroindustri kacang oven tersebut di atas, merupakan tantangan tersendiri bagi Politeknik Negeri Jember sebagai institusi pendidikan tinggi untuk ikut serta mengembangkan teknologi prosesing pengolahan serta mempercepat proses diseminasi inovasi teknologi dan perbaikan manajemen usaha guna meningkatkan daya saing dan market share. UD “RAJAWALI “ Desa Panti, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


. Anonim. 2007. Pengelolaan Limbah Industri Pangan.

Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah. Departemen

Perindustrian. Jakarta.

. Djamali, R. A. 2001. Panduan Wirausaha Agroindustri Kacang

Oven. Dinas Petrindustrian dan Perdagangan Propinsi Jawa Timur.

. Indrasti, N.S. dan Fauzi, A.M. 2009. Produksi Bersih. IPB

Press. Bogor.

. Purwanto. 2009. Penerapan Produksi Bersih di untuk

Meningkatkan Efisiensi dan

Mencegah Pencemaran Industri Orasi Ilmiah yang Disampaikan

dalam Upacara Penerimaan Guru Besar dalam Ilmu Teknik Kimia

Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Badan Penerbit

Universitas Diponegoro. Semarang

. UNIDO. 2002. What is Cleaner Production. Di dalam

http://www.unido.org/doc/5151.

. UNEP.2003. Cleaner Production Assesment in Industries. Di

dalam http://www.uneptie.org/pc/cp/understanding_cp/cp

industries. htm.




DOI: https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v2i1.454

DOI (PDF): https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v2i1.454.g392

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2017 J-Dinamika



J-DINAMIKA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat terbit pertama kali bulan Juni 2016, dan diterbitkan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Redaksi J-DINAMIKA mengundang para penulis untuk mengirimkan jurnal hasil pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilaksanakan. Pendapat yang dimuat pada jurnal ini sepenuhnya merupakan pendapat penulis artikel atau tidak mencerminkan pendapat redaksi.