IbM PORTABLE INSULATED FISH STORAGE BOX UNTUK NELAYAN DESA SUMBERBENING KABUPATEN MALANG

Syarifah Hikmah Julinda Sari, Hartati Kartikaningsih, Defri Yona

Abstrak


Desa Sumberbening terletak di Pesisir Pantai Kondangmerak dan berpenduduk mayoritas adalah nelayan yang menggunakan perahu yang berukuran sedang untuk menangkap ikan dan menyimpan hasil tangkapannya sebelum di labuhkan ke pelabuhan terdekat untuk dipasarkan. Permasalahan  yang  dialami  oleh  Mitra IbM  yaitu  pada  kondisi tempat penyimpanan sehingga es mudah mencair dan menurunkan kualitas ikan tangkapan. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah diatas adalah dengan memberikan bantuan alat  portable insulated  fish storage  box  pada mitra  IbM yaitu sebuah kotak berinsulasi, yang akan mempertahankan kondisi dingin lebih lama karena es tidak   mudah   mencair. Selain   itu,   alat   tersebut   bisa   dipindah-pindah   sehingga memudahkan penanganan ikan untuk dipasarkan dan dipindahkan apabila kapal/perahu tidak beroperasi sehingga keamanan alat tersebut bisa terjaga. Kurangnya keterampilan fish handling dan sanitasi pada mitra akan diatasi dengan pelatihan penanganan ikan sehingga mutu ikan yang dijual akan baik dan pada akhirnya akan membantu menaikkan kesejahteraan nelayan Desa Sumberbening.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Junianto, 2003. Teknik Penanganan Ikan. Penebar Swadaya. Jakarta.

Sudrajat, S.M.N.I., Rosyid, A., Bambang, A.N., 2004. Analisis Teknis dan Finasial Usaha Penangkapan Ikan Layur (Trichiurus sp) dengan Alat Tangkap Pancing Ulur (Handline) di Pelabuhan Perikanan Nusantara Pelabuhan Sukabumi. J. Fish. Resourc. Util. Manag. Technol. 3, 141-149.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


J-DINAMIKA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat terbit pertama kali bulan Juni 2016, dan diterbitkan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Redaksi J-DINAMIKA mengundang para penulis untuk mengirimkan jurnal hasil pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilaksanakan. Pendapat yang dimuat pada jurnal ini sepenuhnya merupakan pendapat penulis artikel atau tidak mencerminkan pendapat redaksi.