PEMBERDAYAAN MASYARAKAT SONAF DAN MANEKA MELALUI KEGIATAN BETERNAK BABI PEDAGING DAN BERCOCOKTANAM JAGUNG

Yosefina Lewar, Mochammad Hasan, Blasius Gharu

Abstrak


Mitra kegiatan IbM ini adalah para penghuni sebuah panti asuhan di Kota Kupang yakni Panti Asuhan Sonaf  Maneka karena  terdiri atas 2 kelompok yaitu Kelompok  Sonaf (kaum laki-laki) yang berperan sebagai mitra 1 dan kelompok Maneka (kaum perempuan) berperan sebagai mitra 2.  Mitra 1 mengelola ternak babi pedaging sedangkan mitra 2 mengelola tanaman jagung dan pembuatan pupuk kompos dari jerami jagung. Kedua mitra memiliki lahan yang cukup luas (± 20 are) yang belum dimanfaatkan secara optimal. Kondisi sekarang menunjukan bahwa mitra 1 beternak babi skala kecil (2 ekor babi) dengan teknologi yang sederhana seperti perkandangan tradisional, bibit babi lokal serta pakan seadanya tanpa memperhatikan nilai gizi atau nutrisi. Pakan babi diberikan dari sisa-sisa limbah dapur dan makanan  masyarakat panti asuhan. Sedangkan mitra 2 mengelola lahan dengan menanam beberapa jenis tanaman seperti jagung dan sayuran dalam skala kecil untuk dikonsumsi sendiri. Teknik beternak babi dan budidaya tanaman masih bersifat tradisional/sederhana tersebut berdampak pada rendahnya produktivitas. Produksi ternak babi dapat ditingkatkan apabila menggunakan bibit babi unggul dengan pakan berkualitas dalam sistem perkandangan yang proposional dan sehat. Pakan berkualitas dapat diramu menggunakan bahan lokal seperti jagung. Kegiatan ini dilakukan dengan metode penyuluhan, praktek/demplot, pendampingan, monitoring dan evaluasi. Kegiatan untuk kedua mitra berhasil dengan baik, ditunjukan dengan ternak babi pedaging sebanyak 4 ekor yang telah dijual seharga Rp. 4.000.000 – Rp. 4.250.000, sehingga pendapatan yang diperoleh Rp. 17.000.000. Usaha telah dilanjutkan dengan memasukan bibit babi yang baru sebanyak 8 ekor. Selain itu, keberhasilan juga diperoleh dari kegiatan bercocok tanam jagung hibrida dengan produksi jagung yang dipanen 65,5 kg/600 m2. Kegiatan IbM ini berhasil meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan pendapatan mitra sehingga meningkatkan kesejahteraan keluarga.

.

Kata Kunci : Babi, Pakan, Kandang, Budidaya Jagung


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anonim. 2008. Teknologi Budidaya Jagung. Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian.

Anonim, 2014. Benih Jagung Pertiwi Tahan Bulai. Benihnya Petani Indonesia. www.benihpertiwi.co.id.

Nugroho E dan Wheindrata. 1990. Beternak Babi. Eka Offset. Semarang.

Rukmana R dan Yuyun Yuniarsih, 1996. Jagung - Budidaya dan Pascapanen. Kanisius. Yogyakarta.

Sihombing, D. T. H, 1998. Ilmu Ternak Babi. Gadjah Mada Press. Yogyakarta.

Sutanto, R. 2002b. Penerapan Pertanian Organik, Pemasyarakatan dan Pengembangannya. Kanisius. Yogyakarta.

Warisno. 1998. Jagung Hibrida. Seri Budi Daya. Kanisius. Yogyakarta.

Wheindrata. 2014. Cara Mudah Untung Besar Dari Beternak Babi. Andi Publisher. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v3i1.511

DOI (PDF): https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v3i1.511.g664

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2018 J-Dinamika



J-DINAMIKA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat terbit pertama kali bulan Juni 2016, dan diterbitkan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Redaksi J-DINAMIKA mengundang para penulis untuk mengirimkan jurnal hasil pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilaksanakan. Pendapat yang dimuat pada jurnal ini sepenuhnya merupakan pendapat penulis artikel atau tidak mencerminkan pendapat redaksi.