PEMBANGUNAN ALAT PENGOLAH AIR LIMBAH DENGAN KONSEP PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI KEL. PANJANG JIWO

Gita Widi Bhawika, Gogor Arif Handiwibowo, Lissa Rosdiana Noer

Abstrak


Permasalahan sistem sanitasi yang kurang baik terjadi di wilayah dengan tingkat kepadatan cukup tinggi. Salah satunya di Kel. Panjang Jiwo, Kec. Tenggilis Mejoyo, Surabaya. Masih banyak terdapat saluran-saluran air yang tidak mengalir lancar serta cenderung kotor dan menggenang. Saluran air yang demikian akan mudah untuk tempat penyakit dan berkembangnya nyamuk. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, diperlukan pembangunan alat pengolah air limbah (APAL). Pembangunan APAL dimaksudkan untuk mengolah dan memanfaatkan air limbah rumah tangga yang biasanya terbuang dan sering kali menggenang di saluran air untuk menjadi air yang cukup bersih yang dapat digunakan untuk air cuci dan air siram tanaman. Konsep pemberdayaan masyarakat Kel. Panjang Jiwo yang dilaksanakan dalam hal ini adalah pelibatan masyarakat sejak perencanaan, pembuatan, hingga manajemen perawatan APAL agar APAL dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat. Hasil kegiatan ini adalah telah dibangunnya APAL yang telah berfungsi dengan baik serta telah dilaksanakannya perumusan kesepakatan perawatan APAL untuk menjamin keberlanjutan pengelolaan APAL di Kel. Panjang Jiwo.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Menteri Dalam Negeri, Peraturan Menteri dalam Negeri No. 2 Tahun 1987 tentang Pedoman Penyusunan Rencana Kota. Indonesia, 1987.

G. T. Daigger, D. Ph, and M. Asce, “Wastewater Management in the 21st Century,” J. Environ. Eng., vol. 133, no. 7, pp. 671–680, 2007.

Badan Pusat Statistik Kota Surabaya, “Statistik daerah Kecamatan Tenggilis Mejoyo 2015,” 2015.

Badan Pusat Statistik Kota Surabaya, “KECAMATAN TENGGILIS MEJOYO DALAM ANGKA 2015,” Surabaya, 2015.

H. Jouhara et al., “Municipal waste management systems for domestic use,” Energy, vol. 139, pp. 485–506, 2017.




DOI: https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v2i2.512

DOI (PDF): https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v2i2.512.g618

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2018 J-Dinamika



J-DINAMIKA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat terbit pertama kali bulan Juni 2016, dan diterbitkan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Redaksi J-DINAMIKA mengundang para penulis untuk mengirimkan jurnal hasil pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilaksanakan. Pendapat yang dimuat pada jurnal ini sepenuhnya merupakan pendapat penulis artikel atau tidak mencerminkan pendapat redaksi.