IbM KELOMPOK TANI TANAMAN PANGAN DAN SAYURAN DI KELURAHAN KOLHUA

Nova Deviyanti Lussy, Micha Snoverson Ratu Rihi

Abstrak


Kelompok Tani Dael Mesa dan Kaka Palli merupakan dua kelompok tani yang berada di Kelurahan Kolhua, Kota Kupang yang melakukan usaha budidaya tanaman (padi, jagung, dan sayuran) secara konvensional namun menghadapi kendala berupa penyerapan IPTEKS sangat terbatas sehingga berdampak pada pengelolaan lahan yang belum optimal, petani hanya mengandalkan pupuk kimia, dan belum adanya pengelolaan bahan organik khususnya limbah pertanian secara baik. Tindakan tersebut berdampak pada penurunan kesuburan tanah dan produktivitas lahan yang akhirnya mempengaruhi produksi tanaman.

Target kegiatan ini adalah anggota kelompok memiliki kemampuan dan terampil dalam mengelola limbah pertanian menjadi pupuk organik yang didukung dengan tersedianya sarana dan prasarana yang memadai sehingga petani dapat memanfaatkan limbah pertanian dengan menggunakan teknologi tepat guna yang pada akhirnya akan meningkatkan produksi pertanian dan kesejahteraannya.

Berkaitan dengan hal tersebut, maka petani perlu mendapat pembelajaran dengan materi yang berkaitan dengan permasalahan yang dihadapi. Pembelajaran disampaikan dengan metode ceramah dan diskusi, demonstrasi, praktik, rancang bangun, demplot, dan pendampingan. Pembelajaran dilaksanakan dalam bentuk kegiatan yang direncanakan dengan tahapan sosialisasi; persiapan alat dan bahan; pelaksanaan berupa penyampaian materi (Pengelolaan limbah pertanian menjadi Pupuk Organik padat dan cair; Pemanfaatan Pupuk Organik dalam Budidaya Padi, Jagung, dan Sayuran; serta Analisis Ekonomi Sederhana dan Pemasaran Produk Pertanian Berorientasi bisnis), pembuatan peralatan penunjang, dan demplot; monitoring dan evaluasi; serta pembuatan laporan akhir dan publikasi ilmiah.

 

Keywords: Limbah, POC, Bokashi, Budidaya padi, sayuran


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Setyohadi, D.P.S., Utami, M.M.D., Kurnianto, M.F. and Hariono, B., 2018, January. Capital Strategy in Diversification Farming Efforts Using SWOT Analysis. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 953, No. 1, p. 012121). IOP Publishing.

Hadisuwito, S., 2007. Membuat pupuk kompos cair. AgroMedia.

Indriani, Y. H. 2004. Membuat Kompos Secara Kilat. Penebar Swadaya.

Menteri Pertanian, 2011. Peraturan Menteri Pertanian Nomor: 70/SR.140/10/2011 tentang Pupuk Organik, Pupuk Hayati, dan Pembenah Tanah.

Musnawar, E. I., 2007. Pupuk Organik. Penebar Swadaya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


J-DINAMIKA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat terbit pertama kali bulan Juni 2016, dan diterbitkan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Redaksi J-DINAMIKA mengundang para penulis untuk mengirimkan jurnal hasil pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilaksanakan. Pendapat yang dimuat pada jurnal ini sepenuhnya merupakan pendapat penulis artikel atau tidak mencerminkan pendapat redaksi.