KEGIATAN LITERASI MELALUI PEMBUATAN BAHAN AJAR CALISTUNG (MEMBACA, MENULIS, BERHITUNG) DI DALAM UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TK DI KECAMATAN LIMO DAN CINERE

anastasia dewi anggraeni

Abstrak


Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kompetensi pedagogik para guru TK di Kecamatan Limo dan Cinere dengan memberikan pelatihan membuat bahan ajar calistung (membaca, menulis, dan berhitung). Metode kegiatan ini dengan memberikan tugas membuat soal-soal calistung dengan bertahap, mulai dari tingkat mudah sampai dengan sulit. Hasil dari kegiatan ini yaitu para guru menjadi termotivasi dan dapat menghasikan sebuah karya dalam bentuk lembar kerja anak yang dapat digunakan sebagai media dan sumber belajar siswa.

Referensi


Depdiknas, D. T. (2014). Standar Kompetensi Guru. Jakarta: Depdiknas.

Dick Walter, C. L. (2009). The Systematic Design of Instruction. New Jersey.

Hood, M. N. (2009). The Scaffolding of Emergent Literacy Skills in the Home Environment: A Case Study. Journal of early Childhood Education, 314.

Lestari, I. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata.

Mulyasa. (2006). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pemerintah RI. (2005). Undang-undang RI Nomor 14 Tahun 2015 tentang Guru dan Dosen. Produk Hukum.

Qonita, A. (2009). Kamus Bahasa Indonesia untuk Pendidikan Dasar. Jakarta: PT. Indah Jaya Adipratama.

Santoso, S. (2004). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Citra Pendidikan Indonesia.

Susanto, A. (2017). Bimbingan & Konseling di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


J-DINAMIKA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat terbit pertama kali bulan Juni 2016, dan diterbitkan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Redaksi J-DINAMIKA mengundang para penulis untuk mengirimkan jurnal hasil pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilaksanakan. Pendapat yang dimuat pada jurnal ini sepenuhnya merupakan pendapat penulis artikel atau tidak mencerminkan pendapat redaksi.