PEMANFAATAN TEKNOLOGI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING (ON LINE) BAGI GURU DAN SISWA DI SMK NU ROGOJAMPI

Mohamad Dimyati A, Devit Suwardiyanto, Herman Yuliandoko, Vivien Arief W

Abstrak


Pembelajaran merupakan hal yang utama dalam sebuah institusi pendidikan, sehingga proses pembelajaran yang baik akan menghasilkan lulusan yang baik pula. Namun demikian banyak temui sekolah-sekolah yang proses pembelajarannya masih konvensional dan salah satunya di SMK NU Rogojampi. Keadaan ini tentu saja perlu diperbaiki dengan meningkatkan sarana pembelajarannya untuk meningkatkan proses belajar mengajar. Oleh sebab itu melalui program pengabdian ini diharapkan dapat mendukung dan meningkatkan proses belajar mengajar di Mitra. Program bertujuan menerapkan pembelajaran daring (on line) dengan membangun sebuah portal e-learning untuk membantu proses belajar mengajar. Kegiatan pengabdian dilaksanakan dalam bentuk pelatihan penerapan pembelajaran daring menggunakan moodle sebagai aplikasi Learning Mangement Sytem (LMS). Target kegiatan ini adalah guru dan siswa di SMK NU Rogojampi dan luaran kegiatan penggunaan pembelajaran daring untuk meningkatan proses belajar mengajar.

Keywords— e-learning, SMK, Learning Mangement Syte,Moodle


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Boko Susilo, Rusdi Efendi, Syafdi Maizora, 2017. Membangun Pembelajaran Berbasis Web (E-Learning) Bagi Guru Sekolah Dasar Pinggiran Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, VOL. 1, NO. 1, pp. 01-05.

Edi Kurniawan, Rancang Bangun Aplikasi E-Learning pada SMK Pembangunan Pacitan Berbasis Web, Amikom, Yogjakarta.

Evi Fuji Astuti, Rita Retnowati, Bibin Rubini, 2012, Implementasi Pembelajaran IPA Berbasis e-Learning di SMK Negeri 3 Bogor, Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Pakuan, Bogor.

Muhamad Ali, Istanto WD, Sigit Y, Muhamad Munir, 2014, Studi Pemanfaatan e-Learning Sebagai Media Pembelajaran Guru Dan Siswa SMK Di Yogyakarta, Fakultas Teknik UNY, Yogjakarta.

Sandy Kosasi, 2015, Perancangan e-Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Guru dan Siswa, Seminar Nasional Pendidikan Teknik Informatika (SENAPATI 2015), hal 82-88, Yogjakarta.

Subakdo Eko Yulianto, 2011, Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Kemanfaatan Terhadap Pemanfaatan e-Learning Dengan Model Tam Di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, Jurnal Bisnis: Teori dan Implikasi (JBTI), Vol.1, No.1, Februari 2011.




DOI: https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v2i2.565

DOI (PDF): https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v2i2.565.g460

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2018 J-Dinamika



J-DINAMIKA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat terbit pertama kali bulan Juni 2016, dan diterbitkan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Redaksi J-DINAMIKA mengundang para penulis untuk mengirimkan jurnal hasil pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilaksanakan. Pendapat yang dimuat pada jurnal ini sepenuhnya merupakan pendapat penulis artikel atau tidak mencerminkan pendapat redaksi.