IBM PENGRAJIN GULA MERAH DESA TANJUNG BAIK BUDI KECAMATAN MATAN HILIR UTARA KETAPANG

Nenengsih Verawati, Nur Aida, Khairul Muttaqin

Abstrak


Desa Tanjung Baik Budi memiliki lahan yang sangat berpotensi terutama dalam bidang perkebunan kelapa yang semuanya tersebar diberbagai dusun yang ada di Desa Tanjung Baik Budi. Tujuan dari Program Pengabdian Kepada Masyarakatan ini adalah: meningkatkan keterampilan masyarakat pengrajin gula kelapa dalam meningkatkan sistem produksi menjadi lebih baik untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas gula kepala, memberikan motivasi dalam membangun jiwa berwirausaha yang mandiri, memberikan bantuan berupa peralatan, pelatihan dalam menghasilkan produk yang lebih baik dan baru yaitu pembuatan gula semut, memperbaiki sistem pengolahan, pengemasan, sanitasi dan pemasaran produk gula kelapa. Metode Progam Pengabdian Kepada Masyarakat yang dipakai untuk mencapai tujuan  yaitu, melakukan sosialisasi program bisnis gula semut dan keuntungan bisnis ini kepada mitra binaan, memberikan pelatihan atau workshop tentang teknologi proses pembuatan gula yang lebih baik dan pelatihan tentang pembuatan gula semut serta proses pengemasan produk, mempersiapkan peralatan dan sarana penunjang lainnya selain dimiliki oleh mitra binaan, memberikan praktek kepada mitra tentang pembuatan gula semut, pengemasan produk serta teknik pemasaran. Hasil yang diperoleh dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh kedua mitra yaitu semua peserta dapat mengetahui ilmu baru terutama teknologi pembuatan gula semut, sehingga petani kelapa dapat memanfaatkan nira kelapa dalam pembuatan gula semut dan memiliki nilai jual yang tinggi.

Keywords Gula cetak, gula semut dan nira. 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adli, Z.M, 2010. Pemanfaatan Gula Bubuk Aren Sebagai Bahan Pembuatan Permen Anti Diabetes. Mahasiswa Program Tingkat Persiapan Bersama Bogor Agricultural University. Bogor.

Pragita. E.P. 2010. Evaluasi Keragaman dan Penyimpangan Mutu Gula Kelapa Kristal (Gula Semut) Di Kawasan Home Industri Gula Kelapa Kabupaten Banyumas. Jurusan Teknologi Pertanian. Fakultas Pertanian. Universitas Jenderal Soedirman. Purwokerto

Setiawan, 2014. Gula semut memasuki pasar ekspor. Bappeda. Diakses dari . :http://www.radarbanyumas.co.id/. Banjarnegara. Diakses tanggal 30 Maret 2016.

Sholikhah. U. 2014. (IbM) Kelompok Usaha Gula Merah Di Kecamatan Semboro Kabupaten Jember. Program Studi Agroteknologi. Fakultas Pertanian. Universitas Jember. Jember.

Wijaya, W. Wigyanto, Hidayat. A. 2011. Perbaikan Kulitas Gula Semut Dari Nira Nipah Dengan Penambahan FCS (Fine Crysal Sucrose). Jurusan Teknologi Industri Pertanian. FTP. Universitas Brawijaya. Malang.

Zuliana S, Endrika W, Wahono HS. 2015. Pembuatan gula semut kelapa (Kajian pH Gula Kelapa dan Konsentrasi Natrium Bikarbonat). Jurnal Pangan dan Agroindustri: 4:109-119. Teknologi Pertanian. Universitas Brawijaya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


J-DINAMIKA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat terbit pertama kali bulan Juni 2016, dan diterbitkan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Redaksi J-DINAMIKA mengundang para penulis untuk mengirimkan jurnal hasil pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilaksanakan. Pendapat yang dimuat pada jurnal ini sepenuhnya merupakan pendapat penulis artikel atau tidak mencerminkan pendapat redaksi.