PENERAPAN TEKNOLOGI PERTANIAN DALAM BUDIDAYA PADI UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS GABAH DI DUSUN PLANJAU DESA CAOKNG KECAMATAN MEMPAWAH HULU

Antonius Antonius, Karnisius Jeramat, Reky Rermango, Fradian Adisyahputra, Acun Acun, Kornelius Yopenus, Roki Pradana

Abstrak


Program bina desa ini dilakukan di dusun Planjau desa Caokng Kecamatan Mempawah Hulu dari bulan Juni sampai dengan September 2017. Masyarakat sasaran adalah Kelompok Tani Sungai Pandan II yang sebagian besar mempunyai mata pencaharian sebagai petani. Kegiatan yang dilakukan antara lain melakukan sosialisasi penggunaan benih unggul, pelatihan pembuatan trikompos jerami, dan menggunakan sistem tanam jajar legowo. Kegiatan budidaya padi dilakukan dengan membuat demplot budidaya padi seluas 0,4 hektar. Hasil yang diperoleh dalam kegiatan ini adanya perubahan pola pikir anggota kelompok tani dimana anggota kelompok  tidak lagi membakar jerami tetapi jerami tersebut sudah dicacah mengunakan mesin pencacah rumput untuk dijadikan trikompos, petani sudah melakukan sistem tanam dengan jajar legowo dan menggunakan benih unggul.  Hasil demplot seluas 0,4 hektar menghasilkan GKP sebanyak 1,25 ton jika dikonversikan menjadi 3,12 ton.ha-1.

 

Keywords benih padi berlabel, jarak tanam jajar legowo, trikompos jerami


Referensi


Direktorat Jendral Tanaman Pangan Kementerian Pertanian. Petunjuk Teknis Teknologi Tanaman Jajar Legowo Tahun 2016


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


J-DINAMIKA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat terbit pertama kali bulan Juni 2016, dan diterbitkan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Redaksi J-DINAMIKA mengundang para penulis untuk mengirimkan jurnal hasil pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilaksanakan. Pendapat yang dimuat pada jurnal ini sepenuhnya merupakan pendapat penulis artikel atau tidak mencerminkan pendapat redaksi.