TEKNOLOGI MULTIMEDIA UNTUK PEMBUATAN BAHAN AJAR PADA GURU SMPIT BINA INSANI 1 SEMARANG

Mardiyono Mardiyono, Liliek Triyono, Prayitno Prayitno, Sukamto Sukamto, Tri Raharjo Yudantoro

Abstrak


Perkembangan teknologi pembelajaran berbasis multimedia menuntut para guru untuk menguasai dan menerapkannya dalam kegiatan belajar-mengajar di sekolah. Sayangnya masih banyak guru di SMP Islam Terpadu Bina Insani 1 Semarang yang belum menguasai pengetahuan dan kompetensi pembuatan bahan ajar berbasis multimedia dan ketersediaan pearlatan pendukung pembelajaran multimedia yang terbatas. Maka dari itu perlu dibuat suatu model kegiatan dalam bentuk program pelatihan dan penerapan teknologi multimedia dalam pembuatan bahan ajar para guru di sekolah tersebut. Tujuan dari kegiatan ini adalah membuat program pelatihan dan implementasi pembuatan bahan ajar berteknologi multimedia untuk memperkaya bahan ajar bagi para guru dan membantu penyediaan peralatan dan teknologi hardware dan software multimedia. Target yang diharapkan pada kegiatan ini meliputi: penguasaan teknologi multimedia pada bahan ajar lima orang guru, tersedianya tiga bahan ajar yang menggunakan teknologi multimedia. Metode yang digunakan terdiri dari empat  tahap yaitu (1) observasi kebutuhan lapangan, (2)penyediaan peralatan pendukung multimedia, (3) pelatihan SDM, (4)pembuatan materi ajar multinedia. Berdasarkan hasil kegiatan yang telah dilakukan, luaran yang dihasilkan telah melebihi target yang direncanakan meliputi : 13 guru telah mengikuti pelatihan dan menguasai teknologi pembuatan bahan ajar multimedia, telah dihasilkan 10 materi ajar berbasis multimedia, dan tersedianya peralatan penunjang teknologi multimedia seperti laptop, access point, perangkat audio. Dampak dari kegiatan ini akan memperkaya metode pembelajaran para guru dengan teknologi multimedia sehingga memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran. 

 

Keywords— guru, bahan ajar, multimedia, pelatihan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Budihariawan, I.M., Sudarma, I.K. and Jampel, I.N., 2014. Pengembangan Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran IPA untuk Kelas VII di SMP Negeri 2 Kubutambahan. Jurnal Edutech Undiksha, 2(1).

Handayani, L. and Ristrini, R., 2010. Pengaruh Model Pembelajaran Kesehatan Menggunakan Multimedia terhadap Perubahan Pengetahuan dan Sikap Siswa Sltp Terkait Faktor Risiko Penyakit Jantung Koroner. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 13(4 Okt).

Husain, F.N., Asrori, M. and Endang, B., 2014. Model Elaborasi Bahan Ajar Thaharah untuk Kecakapan Bersuci melalui Multimedia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(10).

Nuroeni, R., Syafik, A. and Kurniawan, H., 2013. Pengembangan Multimedia Komik Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual untuk Bahan Ajar KPK dan FPB. EKUIVALEN-Pendidikan Matematika, 5(1), pp.89-96.

Riskiawan, H.Y., Setyohadi, D.P.S. and Arifianto, A.S., 2016. PELATIHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIAUNTUK MENINGKATKAN KUALITAS DAN KREATIVITAS GURU SMA. J-Dinamika, 1(1).

Utami, S.S. and Nugroho, W., 2013. Pemanfaatan Bahan Ajar Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Multimedia Interaktif. In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI) (Vol. 1, No. 1).




DOI: https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v3i1.571

DOI (PDF): https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v3i1.571.g667

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2018 J-Dinamika



J-DINAMIKA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat terbit pertama kali bulan Juni 2016, dan diterbitkan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Redaksi J-DINAMIKA mengundang para penulis untuk mengirimkan jurnal hasil pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilaksanakan. Pendapat yang dimuat pada jurnal ini sepenuhnya merupakan pendapat penulis artikel atau tidak mencerminkan pendapat redaksi.