TEKNOLOGI RUMPON UNTUK NELAYAN TRADISIONAL DI KECAMATAN PEMANGKAT KABUPATEN SAMBAS

Saifullah Saifullah, Susilawati Susilawati

Abstrak


Selama ini, nelayan tradisional menentukan spot pancing (lokasi penangkapan) hanya dengan mengira-ngira, sehingga tangkapan mereka terbatas.   Kondisi cuaca yang tak menentu pada bulan-bulan tertentu, terutama rentang bulan November sampai Februari kadang membuat nelayan ragu untuk melaut.  Tidak jarang pada masa itu nelayan yang turun kelaut tanpa hasil sama sekali karena tidak bisa melakukan aktivitas penangkapan akibat cuaca buruk sehingga kerugianlah yang mereka peroleh.  Pada solusi pertama yakni pelatihan manajemen keuangan, mitra akan dilatih bagaimana melakukan pembukuan keuangan tiap kali melaut dan melakukan penyihan hasil untuk disimpan di bank sebagai cadangan dikala tidak melaut. Solusi kedua yakni pembuatan dan pemasangan rumpon, rumponmerupakansalah satualat bantu penangkapanuntukmeningkatkanhasiltangkapan dimanamempunyaikontruksinyamenyerupaipepohonanyangdipasang(ditanam)disuatautempat di perairan laut. Dalam kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat yang merupakan penerapan Ipteks bagi Masyarakat (IbM) ini memerlukan total biaya sebesar Rp. 48.000.000. 

Kata Kunci : nelayantradional, Pemangkat, rumpon


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Sambas, B.P.S.S., 2013. Kabupaten Sambas dalam angka 2012. BPS, Sambas. 149p.

Handayani, B., 2013. Studi pendapatan penjala rumpon di Manggar Baru Balikpapan. J. Ilmu Perikanan Tropis, 18(2), pp.1-9.

Kurniawan, M.R., Setyohadi, D.D. and Bintoro, G.G., 2013. Pengaruh Pemasangan Rumpon Pada Musim Barat Terhadap Hasil Tangkapan Alat Tangkap Payang Di Perairan Tuban Jawa Timur. Jurnal Mahasiswa Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan, 1(1), pp.16-20.

Safitri, I.A., Rudiyanto, B., Nursalim, A. and Hariono, B., 2016. Uji Kinerja Smart Gried Fuel Cell Tipe Proton Exchange Membran (PEM) Dengan Penmbahan Hidrogen. Jurnal Ilmiah Inovasi, 16(1).

Suwarsih. 2012. Rumpon Sebagai daerah Penangkapan Ikan. ejournal.unirow.ac.id. Diakses pada tanggal 2 Mei 2016.




DOI: https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v3i1.573

DOI (PDF): https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v3i1.573.g669

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2018 J-Dinamika



J-DINAMIKA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat terbit pertama kali bulan Juni 2016, dan diterbitkan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Redaksi J-DINAMIKA mengundang para penulis untuk mengirimkan jurnal hasil pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilaksanakan. Pendapat yang dimuat pada jurnal ini sepenuhnya merupakan pendapat penulis artikel atau tidak mencerminkan pendapat redaksi.