PENGEMBANGAN PENDIDIKAN MORAL, KARAKTER, DAN KEPEMIMPINAN SISWA SMA/SMK MELALUI KEGIATAN I GLOW I BRO DI KABUPATEN BANYUWANGI

Sari Wiji Utami, Mustofa Hilmi, Ahmad Azmi Khoirul Umam

Abstrak


Kemerosotan nilai moral di kalangan pemuda yang marak terjadi saat ini, mendorong komunitas pemuda di kabupaten Banyuwangi yang tergabung dalam komunitas Mata Indonesia, menyelenggarakan kegiatan untuk mengangkat permasalahan tersebut dari sudut pandang keilmuan dan para pakar di bidangnya. Indonesian Girls Leading Our World Indonesian Boys Respect Others (I GLOW I BRO) merupakan rangkaian kegiatan pengembangan kepribadian, sifat kepemimpinan dan organisasi, outbond, dan kemah tahunan yang awalnya diprakarsai oleh relawan Peace Corps Amerika Serikat sejak tahun 2012 di berbagai daerah di pulau Jawa. Kegiatan ini berfokus pada daya kepemimpinan dan kerjasama, serta mengaitkannya dengan kesetaraan gender. Kegiatan ini diselenggarakan untuk membahas isu-isu atau berbagai permasalahan di lingkungan sekitar, sehingga para pemuda dapat menempatkan diri dan mawas terhadap kondisi lingkungan sekitar, seiring dengan berbagai perubahannya. Kegiatan ini dilakukan dalam beberapa tahapan dan alur pelaksanaan yang meliputi penentuan materi kegiatan dan metode, survey lokasi dan sarana kegiatan, mempersiapkan sarana dan prasarana kegiatan, rekruitmen peserta, pelaksanaan kegiatan yang mencakup kegiatan indoor (pemaparan materi, sharing, serta diskusi) dan outdoor (outbond). Setelah mengikuti kegiatan ini, para pelajar SMA/SMK sederajat diharapkan dapat memiliki kemampuan dan mengembangkan karakter, pengetahuan tentang moral dan kepemimpinan, serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat. Selain itu, peserta kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan dirinya dan membangun kerjasama dalam kelompok (teamwork) melalui kegiatan outbond yang dilaksanakan.

 

Kata kunci: kepemimpinan, pendidikan karakter, pendidikan moral, siswa SMA/SMK

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Gunadi, R.A.A. 2013. Membentuk karakter melalui pendidikan moral pada anak usia dini di Sekolah Raudhatul Athfal (R.A.) Habibillah. Jurnal Ilmiah Widya. 1(2): 85-91.

Ibda, F. 2011. Perkembangan moral pada anak dan relevansinya dengan pendidikan. Jurnal Ilmiah Didaktita. 9(2): 380-391.

Marpaung, M. 2014. Pengaruh kepemimpinan dan team work terhadap kinerja karyawan di Koperasi Sekjen Kemdikbud Senayan Jakarta. Jurnal Ilmiah Widya. 2(1): 33-40.

Nawawi, A., P.L.B., 2011. Pentingnya Pendidikan Nilai Moral bagi Generasi Penerus. Jurnal kependidikan: insania, 16(2), pp.119-134.

Sariadi, S. 2013. Gaya kepemimpinan dan motivasi pengaruhnya terhadap kinerja pegawai pada bagian sekretariat TNI AL Lantamal VIII di Manado. Jurnal Emba. 1(4): 31-39.

Suhartono, S., 2013. Kesadaran Moral Kehidupan Bermasyarakat: Suatu Pemikiran Kefilsafatan.

Tampi, B. J. 2014. Pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja karyawan pada PT. Bank Negara Indonesia,Tbk. (Regional Sales Manado). Jurnal Acta Diurna. 3(4): 1-20.

Tanyid, M. 2014. Etika dalam pendidikan: Kajian etis tentang krisis moral berdampak pada pendidikan. Jurnal Jaffray. 12(2): 235-250.

Wardani, L.K., 2014. Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Kerja dan Komitmen Organisasi terhadap Kepuasan Kerja dalam meningkatkan Kinerja Guru SMP Negeri Kota Tegal (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO).




DOI: https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v3i1.840

DOI (PDF): https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v3i1.840.g675

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2018 J-Dinamika



J-DINAMIKA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat terbit pertama kali bulan Juni 2016, dan diterbitkan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Redaksi J-DINAMIKA mengundang para penulis untuk mengirimkan jurnal hasil pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilaksanakan. Pendapat yang dimuat pada jurnal ini sepenuhnya merupakan pendapat penulis artikel atau tidak mencerminkan pendapat redaksi.