VLSM, DYNAMIC ROUTING, DAN VIRTUAL LAN UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN LANJUT SIMULASI JARINGAN MENGGUNAKAN CISCO PACKET TRACER BAGI SISWA SMK WALISONGO SEMARANG

Febrian Wahyu Christanto, Whisnumurti Adhiwibowo, Atmoko Nugroho

Abstrak


SMK  Walisongo  Semarang  memiliki  dua  jurusan  yaitu  jurusan  TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) serta jurusan Teknik Otomotif.  Beberapa materi dasar jaringan di jurusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan) yang terdapat di mata pelajaran kelas XI menggunakan Cisco Packet Tracer dalam KBM(Kegiatan Belajar Mengajar) yang baru sebatas ke simulasi dan konfigurasi jaringan komputer dasar. Hal ini sangat kurang karena banyak sekali konfigurasi jaringan berbasis Cisco yang perlu dikuasai secara mendalam oleh siswa. Kendala lain yang dialami adalah masih banyak siswa kelas XI di SMK Walisongo Semarang yang belum memahami tentang simulasi dan konfigurasi static routing dan dynamic routing menggunakan Cisco Packet Tracer yang berguna untuk membangun koneksi antar jaringan komputer. Dari program Pengabdian kepada Masyarakat terdahulu yang dilakukan dosen FTIK Universitas Semarang telah diadakan pelatihan simulasi mengenai static routing, maka tim Pengabdian kepada Masyarakat FTIK Universitas Semarang kali ini mengadakan kegiatan dengan metode praktikum mengenai simulasi dan konfigurasi jaringan lanjutan mengenai VLSM, Dynamic Routing, dan virtual LAN menggunakan Cisco Packet Tracer. Hasil yang ingin dicapai adalah diharapkan ada peningkatan kemampuan dan pengetahuan dalam konfigurasi jaringan berbasis Cisco yang lebih baik untuk siswa SMK Walisongo Semarang.

 

Keywords—  TKJ SMK Walisongo Semarang, VLSM, Dynamic Routing, Virtual LAN, Cisco


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dewi Y., dkk, "Simulasi Kinerja Routing Protokol Open Shortest Path First (OSPF) dan Enhanced Interior Gateway Routing Protocol (EIGRP) Menggunakan Simulator Jaringan Opnet Modeler v.14.5", Jurusan Teknik Elektro Universitas Brawijaya, Malang.

Christanto, F., W., “Modul Praktikum Manajemen Jaringan”, Jurusan Teknologi Informasi, Universitas Semarang, Semarang.

Doro E., "Kajian Algoritma Routing dalam Jaringan Komputer", Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Maranatha, Bandung.

Febri U., dkk, "Analisis KInerja Routing Dinamis dengan Teknik RIP (Routing Information Protocol) pada Topologi Ring dalam Jaringan LAN (Local Area Network) Menggunakan Cisco Packet Tracer", Singuda Ensikom, Vol. 7 No.3 Juni 2014, Konsentrasi Teknik Telekomunikasi, Departemen Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara, Medan.

Febrika P., dkk, "Simulasi dan Analisis Dynamic Routing Protocol OSPF dengan Pengalamatan IPv6 pada Perguruan Tinggi Teknorat menggunakan Cisco Packet Tracer", Teknik Informatika, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer, Perguruan Tinggi Teknorat, 2015.

Rahmawati, "Konfigurasi Keamanan Jaringan Komputer pada Router dengan Metode ACL's", Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI, Vol.1 No.2 Agustus 2015.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


J-DINAMIKA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat terbit pertama kali bulan Juni 2016, dan diterbitkan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Redaksi J-DINAMIKA mengundang para penulis untuk mengirimkan jurnal hasil pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilaksanakan. Pendapat yang dimuat pada jurnal ini sepenuhnya merupakan pendapat penulis artikel atau tidak mencerminkan pendapat redaksi.