PENGUATAN NILAI KARAKTER MASYARAKAT UNTUK MENDUKUNG PENGEMBANGAN PARIWISATA

buchory Muh Sukhemi, Okti Purwaningsih, Tri Wahana

Abstrak


Indonesia sebagian besar merupakan wilayah perairan dengan panjang garis pantai 81.000 km. Pantai Parangtritis sebagai salah satu aset objek wisata Indonesia terletak di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, DIY. Sebagian besar objek wisata yang ada di Parangtritis terletak di Dukuh Mancingan yang memiliki wisata pantai, gumuk pasir, dan ziarah. Sebagai daerah pariwisata banyak permasalahan yang dihadapi antara lain permasalahan ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup. Termasuk permasalahan sosial adalah maraknya prostitusi yang dikawatirkan akan berdampak pada disintegritas karakter masyarakat. Permasalahan lingkungan seperti kerusakan lingkungan yang menjadi ancaman bagi pengembangan sektor pariwisata di Mancingan. Berdasarkan permasalahan tersebut tim pengabdian dan mitra menyepakati untuk menyelesaikan permasalahan disintegritas nilai-nilai karakter dan lingkungan hidup. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah penyuluhan dan pelatihan. Kegiatan direncanakan dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan yaitu (1) penyuluhan tentang nilai-nilai kearifan lokal, (2) penyuluhan tentang budaya dan sejarah Parangtritis dan Parangkusumo, (3) penyuluhan tentang lingkungan hidup dan pelatihan tentang pengelolaan sampah. Penguatan nilai karakter masyarakat untuk mendukung pengembangan pariwisata dilakukan melalui pembentukan keluarga Pancasila, mem-Pancasila-kan pendidikan nasional, dan pembentukan masyarakat Pancasila.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Nandi. 2008. Pariwisata dan Pengembangan Sumder Daya Manusia. Jurnal GEA Jurusan Pendidikan Geografi, Volume 8, No. 1. April 2008.

Purwaningsih, O., Tri Kusumastuti, Darsono, Triwahana. 2016. Desain Pengelolaan Wilayah Pesisir Pantai Berbasis Masyarakat. Jurnal Riset Daerah Vol. XV No 1.Badan Perencana Pembangunan Daerah Kabupaten Bantul, DIY. p: 2385 – 2395.

Kutanegara, Pande Made. 2014. Manusia, Lingkungan, dan Sungai : Transformasi Sosial Kehidupan Masyarakat Sempadan Sungai Code. Yogyakarta :Penerbit Ombak UGM.

Syarief, E. 2010. Pembangunan Kelautan dalam Konteks Pemberdayaan Masyarakat Pesisir. www.bappenas.go.id/index.php/download_file/view/.

Sunaryo, Bambang. 2013. Kebijakan Pembangunan Destinasi Pariwisata. Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Yogyakarta : GAVA MEDIA.

Trisbiantoro, D., S. Oetami Madyowati, dan N. Trisyani. 2013. Model Pemberdayaan Masyarakat Kawasan Pesisir Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek. Jurnal Mitra Ekonomi dan Manajemen Bisnis, Vol. 4 No. 1. p: 18-29.

Thomas Lickona. 2013. Educating For Character : Mendidik untuk Membentuk Karakter. Jakarta : PT. Bumi Aksana.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


J-DINAMIKA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat terbit pertama kali bulan Juni 2016, dan diterbitkan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Redaksi J-DINAMIKA mengundang para penulis untuk mengirimkan jurnal hasil pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilaksanakan. Pendapat yang dimuat pada jurnal ini sepenuhnya merupakan pendapat penulis artikel atau tidak mencerminkan pendapat redaksi.